Sukses

Haid Tidak Teratur Setelah Pasang Susuk

21 Jan 2016, 23:00 WIB
Wanita, 20 tahun.

Selamat sore Dok.. Dokter saya adalah pengguna alat kontrasepsi susuk KB (Implant). saya memasang susuk KB (Implant) ini saat saya sudah melahirkan, tepatnya 30 hari sesudah melahirkan. Tapi siklus haid saya sangat berantakan. Masa haid nya bisa sampai 14-15 hari dok. dan itu tidak kurang dari 1 minggu kemudian sudah haid lagi. Darah yang keluar pun tidak tentu, terkadang banyak, terkadang hanya plek saja. atau bahkan pagi setelah bangun tidur sudah tidak ada sama sekali, tapi siang harinya ada darah yang keluar lagi.. Apakah saya tidak cocok memakai susuk KB (Implant) ini Dok.? Mohon penjelasan nya..

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Salah satu efek samping dari penggunaan KB Implan (AKBK = Alat Kontrasepsi Bawah Kulit) memang gangguan menstruasi/haid berupa haid tidak teratur atau bahkan tidak keluarnya haid sama sekali.

Hal ini terjadi karena efek hormon yang dilepaskan oleh kapsul implan dan biasanya terjadi pada 6% akseptor KB jenis ini.

Jika Anda merasa kurang nyaman dengan menstruasi Anda, kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter kebidanan dan kandungan untuk pilihan metode KB lainnya.

Biasanya efek samping ini terutama ditemukan pada 3 - 6 bulan pertama penggunaan. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar