Sukses

Gejala Sinusitis

22 Jan 2016, 11:15 WIB
Pria, 43 tahun.

Dokter saya punya rasa sakit di sekitar hidung saya, dan sakit tersebut dadakan jadi tidak terus menerus. Yang saya rasakan pertama kali pusing di dahi antara dua mata dan hidung. Jika sedang mengalami saya terasa pusing dan mual. Juga saya merasakan pahit disekitar tenggorokan. Efeknya juga membuat dada terasa sesak juga. Pernah saya merasakan ada sesuatu yang tertelan dari hidung saya, setelah itu saya merasakan agak enak. Saya sudah ke dokter THT dan menurut dokter tidak ada gangguan dihidung saya karena dari penglihatan ke dalam hidung kondisi bersih. Harus ke dokter spesialis apakah untuk mengetahui mengenai penyakit saya, karena saat menyerang menyebabkan kaki dan tangga lemas dan gemetaran. Saya sudah melakukan cek darah lengkap, kolestrol, asam urat dan saat ini hasilnya normal, tensi darah rendah. Saya juga sudah cek jantung sampai ctscan jantung dan juga normal. Mohon saran dokter, terima kasih.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kemungkinan gejala yang Anda rasakan diakibatkan oleh sinusitis. Hidung Anda bisa saja bersih, namun untuk mengecek sinus, diperlukan pemeriksaan rontgen Waters

Sinusitis didefinisikan sebagai peradangan rongga sinus pada tulang-tulang wajah yang biasanya berisi udara. Peradangan itu sendiri dapat dipicu oleh proses infeksi (bakteri, virus, jamur) atau non-infeksi (alergik) yang dapat memblok lubang sinus. Sebagai akibatnya:

  • Terjadi penumpukan cairan dalam rongga sinus
  • Kurangnya oksigen
  • Penurunan aktivitas serabut-serabut silia untuk membersihkan rongga sinus, dan merupakan media yang baik untuk pertumbuhan kuman.

Pada kasus infeksi, faktor penyebab dapat dihilangkan dengan pengobatan antibiotik. Beberapa jenis infeksi yang dapat menyebabkan sinusitis di antaranya adalah infeksi saluran napas dan infeksi gigi (terutama bagian atas). Sedangkan pada kasus sinusitis akibat alergi, pengobatan medis hanya dapat membantu Anda mengurangi gejalanya, bukan menghilangkan faktor penyebabnya (alergi). Obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengurangi gejala tersebut di antaranya adalah antihistamin dan steroid. Anda harus menghindari faktor pencetus alergi tersebut agar sinusitis tidak kambuh lagi. Untuk itu, faktor tersebut harus dikenali terlebih dahulu. Alergi dapat dicetuskan oleh debu, udara dingin, asap rokok, dan lain-lain. 

Setiap faktor perlu digali untuk menentukan terapi yang sesuai.  Saya sarankan sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis THT untuk mendiskusikan hal ini lebih lanjut agar mendapatkan pengobatan yang tepat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar