Sukses

Biduran Tidak Kunjung Sembuh

22 Jan 2016, 11:25 WIB
Wanita, 31 tahun.

saya mengalami biduran (bentol,sakit dan memerah) selama 4 bln ini dan sudah berobat di dokter spesialis kulit namun ga sembuh, pencetusnyapun semakin membingungkan dan susah dideteksi. mohon arahannya apa yang harus saya lakukan

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Diagnosis pasti baru dapat ditegakkan setelah melakukan pemeriksaan fisik langsung. Namun melihat deskripsi yang Anda berikan, kemungkinan Anda mengalami suatu biduran/kaligata, atau dalam dunia medis disebut urtikaria.

Urtikaria adalah bentuk reaksi vaskuler pada kulit yang ditandai oleh edema dan eritema berbatas tegas (urtika) disertai rasa gatal yang bervariasi seperti, tersengat, rasa terbakar, seperti tertusuk-tusuk.

Penyebab urtikaria dapat bermacam-macam, diantaranya:

  • Obat. Contohnya adalah antibiotik golongan penisilin, aspirin, obat-obatan hormonal, vaksinasi, pil kontrasepsi, dll.

  • Makanan. Contohnya adalah susu, keju, telur, gandum, ikan, ayam, dll. Zat pewarna, penyedap rasa atau bahan pengawet juga dapat menimbulkan urtikaria.

  • Lingkungan. Terpapar dengan debu rumah, jamur, perubahan temperatur, serbuk sari bunga, dll.

  • Stress. Pada urtikaria yang berulang, faktor emosional perlu diperhatikan. Stress emosional dapat secara langsung dan tidak langsung menyebabkan seseorang meningkat kemungkinan terjadi urtikaria.

  • Penyakit sistemik. Beberapa penyakit dan keganasan dapat menimbulkan urtikaria. Beberapa penyakit sistemik yang sering disertai urtikaria antara lain limfoma, hipertiroid, Lupus Eritematosus Sistemik, dll.

  • Gigitan serangga. Gigitan serangga dapat menimbulkan urtikaria setempat. Nyamuk, lebah dan serangga lainnya menimbulkan urtikaria bentuk papul di sekitar tempat gigitan, 
    biasanya sembuh sendiri

Pengobatan yang paling ideal tentu saja menghindari penyebab yang dicurigai. Bila tidak mungkin, paling tidak mencoba mengurangi penyebab tersebut, sedikit-dikitnya tidak menggunakan dan tidak berkontak dengan penyebabnya. Beberapa obat dapat digunakan untuk menghilangkan gejala, antara lain adalah antihistamin oral. Obat ini dapat mengontrol gejala bagi sebagian besar orang, namun tidak menghilangkan penyebabnya.

Kami sarankan agar Anda memperhatikan dan mencari kemungkinan penyebab Anda mengalami keluhan ini, dan berkonsultasilah kepada dokter untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut. Anda juga dapat melakukan pemeriksaan laboratorium untuk mencari kemungkinan penyebab alergi Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar