Sukses

Flek Pada Kehamilan

20 Jan 2016, 12:04 WIB
Wanita, 23 tahun.

selamat pagi dok....saya mau tanya..saya hamil 20 minggu kmaren siang sempat flek...apa bahaya ya dok...dulu waktu hamil pertama soalnya gak pernah kayak gini....udah aq cek ke bidan katanya gak papa...detak jantungnya 150 trus aq cuma dikasih obat pregnabion dan disuruh istirahat total.... kira2 flek itu mempengaruhi janinq gag ya dok?makasi

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluarnya bercak darah atau flek saat hamil memang perlu mendapat perhatian lebih karena dapat menjadi pertanda suatu bahaya bagi janin yang dikandung, namun memang pada 20-30% wanita hamil terkadang dapat mengalami flek-flek perdarahan yang biasa terjadi di awal kehamilannya (3 bulan pertama kehamilan). Beberapa hal yang dapat menyebabkan timbulnya flek-flek selama kehamilan diantaranya adalah:

  • Melakukan hubungan seksual selama kehamilan. Biasanya flek-flek darah akan timbul setelah melakukan hubungan seksual saat hamil karena saat hamil serviks (leher rahim) wanita dialiri oleh lebih banyak darah dibandingkan oleh wanita yang tidak hamil, karena itu serviks wanita yang sedang hamil lebih mudah berdarah
  • Keguguran 
  • Kehamilan di luar kandungan (kehamilan ektopik)
  • Blighted Ovum (BO). Merupakan suatu kelainan dimana janin di dalam rahim gagal untuk berkembang
  • Infeksi saluran reproduksi oleh jamur, parasit, ataupun bakteri
  • Plasenta previa atau Solusio plasenta (pelesapan plasenta dari dinding rahim). Merupakan penyebab perdarahan yang biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan.

Jika flek/bercak darah yang Anda keluhkan berlangsung singkat dan tanpa disertai keluhan lain seperti nyeri atau keram pada perut, kami menduga sebab timbulnya perdarahan tersebut adalah akibat erosi atau perlukaan pada permukaan leher rahim(mulit rahim) saat melakukan hubungan seksual. Namun, apabila flek keluar terus-menerus disertai kram perut bawah, hati-hati, kemungkinan Anda sedang mengalami abortus iminens. Abortus iminens adalah tahap awal abortus di mana mulut rahim masih tertutup dan kehamilan umumnya masih dapat dipertahankan dengan obat penguat kandungan. Kami sarankan agar Anda banyak beristirahat dan melakukan tirah baring. Jangan terlalu lelah bekerja.  Berkonsultasilah kembali kepada dokter kandungan Anda jika flek semakin banyak.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar