Sukses

Kadar Kolesterol Tinggi Pada Kehamilan

22 Jan 2016, 01:34 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok..saya ingin tanya Sekarang saya sedang hamil tetapi kadar kolesterol saya sangat tinggi 390 mg/dl..bagaimana cara menurunkannya yg aman bagi ibu hamil dan apakah berbahaya bagi kesehatan janin? Terimakasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Umumnya kadar kolesterol meningkat selama trimester kedua kehamilan dan mencapai puncaknya selama trimester ketiga. Kadar kolesterol ini biasanya mulai normal kembali pada empat minggu setelah melahirkan. Jadi, Anda bisa memeriksa kadar kolesterol Anda lagi pada enam minggu setelah melahirkan.

Kebanyakan obat kolesterol tidak aman untuk dikonsumsi selama kehamilan akibat adanya efek samping teratogenik atau menyebabkan cacat janin. Jadi cara terbaik untuk mengendalikannya adalah melalui pengaturan diet dan olahraga. Perlu diketahui, kolesterol darah tinggi selama kehamilan biasanya tidak berbahaya selama disebabkan oleh hormon estrogen dan progesteron. Namun jika kolesterol Anda secara signifikan memang tinggi, Anda bisa berisiko terkena preeklampsia. Preeklampsia adalah kondisi yang ditandai dengan tekanan darah tinggi dan dapat mengakibatkan kejang sehingga membahayakan kehidupan ibu maupun janin.

Pengaturan diet yang dimaksud adalah dengan asupan makanan rendah kolesterol dengan banyak sayur dan buah-buahan, kurangi kosumsi makan makanan yang banyak mengandung lemak, tingkatkan asupan serat untuk membantu tubuh mengeluarkan kolesterol yang tidak diperlukan tubuh. 

Sementara olahraga yang dimaksud adalah aktivitas fisik hingga kegiatan olahraga intensitas ringan hingga sedang, setidaknya tiga kali seminggu (30 sampai 40 menit per sesi). Tujuannya untuk memperbaiki metabolisme tubuh dan mengendalikan kadar kolesterol. Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai program olahraga.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar