Sukses

Mimisan

13 Feb 2016, 08:08 WIB
Pria, 20 tahun.

Selamat sore, usia saya saat ini 20 tahun, namun terkadang masih suka mimisan. Sampai saat ini saya juga belum mengetahui dengan betul kapan dan dalam kondisi apa mimisan saya terjadi. Saya mulai mimisan sejak usia SD. Sedangkan setahu saya, mimisan akan berkurang seiring bertambahnya usia. Apakah itu normal?

dr. Mega Putri

Dijawab Oleh:

dr. Mega Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda alami. Perdarahan dari hidung atau mimisan sering ditemukan sehari-hari, hampir sebagian besar dapat berhenti sendiri. Berbagai penyebab mimisan dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu lokal dan sistemik. Penyebab lokal yang tersering adalah trauma, infeksi, tumor ganas  dan kelainan bawaan. Penyebab lainnya adalah kelainan sitemik, seperti penyakit jantung, kelainan darah, infeksi, perubahan tekanan atmosfer dan gangguan endokrin.

Mimisan merupakan keluarnya darah dari hidung disebabkan karena pecahnya pembuluh darah di dalam hidung. Pembuluh darah pada hidung  tergolong rapuh dan mudah pecah yang dipicu oleh beberapa faktor, yang paling sering adalah tauma pada hidung, udara yang panas, atau kelelahan.

Namun untuk memastikan penyebab dari mimisan yang pacar Anda alami, kami sarankan agar kakak Anda untuk konsultasi langsung dengan dokter THT untuk pemeriksaan lengkap dan penanganan optimal segera, terlebih karena kakak Anda cukup sering mengalaminya.

Berikut kami sertakan artikel untuk Anda:

Tindakan Awal Untuk Mengatasi Gejala Mimisan

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar