Sukses

Keguguran Berulang
18 Jan 2016, 15:26 WIB
Wanita, 24 tahun.

dear dokter, saya sudah 3 kali keguguran, hamil yang pertama dikuret diusia kehamilan 12 minggu, hamil yang kedua keguguran secara spontan karena janin tidak berkembang diusia kehamilan 10 minggu, hamil yang ketiga, dikuret diusia kehamilan 13 minggu dikarenakan denyut jantung janin berhenti. Dari hasil laboratorium patologi anatomi mikroskropik:hasil kuret endometrium terdiri dari jonjot khorionyg edemik dan fibrotik tersebar diantara bekuan darah dan sel radang menahun dikelilingi desidua graviditatus yg luas dgn kelenjar endometrium fase sekresi, beberapa pembuluh darah berisi RBC dan bersebukan sel radang menahun. Tidak dijumpai tanda2 keganasan dalam sediaan ini. Kesimpulan : sisa konsepsi yg terganggu. lalu saya di anjurkan dokter untuk melakukan test TORCh, hasil test torch menunjukkan : anti toxoplasma igG dan igM negatif anti CMV igG positif kons:38, dan anti CMV igM negatif, anti CMV igG avidity hasilnya high avidity Yang ingin saya tanyakan : 1. Dokter, apakah hasil laboratoriumnya berbahaya untuk saya, Apakah saya aman untuk program hamil lagi, karena di lihat dari hasil laboratorium CMV igG nya positif ? 2. Dari hasil laboratorium saya positif CMV igG, apakah aman melakukan hubungan badan, takut virusnya menular ke suami ? 3. Adakah obat untuk memusnahkan virus tersebut ? 4. Dari hasil patologi anatomi saya terkena penyakit apa dok, apakah aman ? Terimakasih dokter.

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

 

Nilai IgG + biasanya menunjukkan infeksi lampau sedangkan jika IgM anda + menunjukkan infeksi saat ini. Dari hasil pemeriksaan Anda, didapatkan semua IgG positif, artinya Anda pernah mengalami infeksi citomegalovirus.

Bagi penderita yang sudah pernah terkena infeksi TORCH sebelumnya maka tubuh akan membentuk sistem pertahanan (sistem imun) untuk melindungi diri dari infeksi ulang TORCH. Sistem pertahanan tubuh ini ditandai dengan adanya hasil IgG anti-TORCH yang positif, yang menunjukkan bahwa tubuh sudah pernah mendapatkan infeksi rubella sebelumnya. Karena merupakan sebuah pertanda, maka IgG yang positif tidak akan pernah berubah menjadi negatif. Dengan adanya sistem pertahanan tubuh terhadap rubella ini maka kalaupun terjadi infeksi ulang maka biasanya gejala yang ditimbulkan akan lebih ringan.

Spiramicin adalah antibiotik makrolid yang memang digunakan untuk mengobati infeksi TORCH yang biasa diberikan pada ibu hamil yang memang terinfeksi TORCH untuk mencegah agar janin tidak mengalami kelainan kongenital. Kondisi Anda dimana Anda mengalami keguguran berulang, salah satunya bisa saja disebabkan infeksi sitomegalovirus. Untuk merencanakan kehamilan Anda berikutnya maka sebaiknya Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. 

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan kehamilan pada penderita TORCH:

  • Lebih ketatlah dalam memantau kehamilan. Pemeriksaan kehamilan yang teratur dapat terus memantau kondisi Ibu dan Janin sehingga segala macam kelainan dapat dideteksi secara dini

  • Ubahlah pola hidup anda menjadi lebih sehat dengan memakan makanan bergizi seimbang

  • Konsumsi asam folat dan vitamin sesuai kebutuhan dalam kehamilan

  • Istirahat teratur

  • Berhenti merokok, hindari asap rokok dan minum alkohol  

  • Hindari konsumsi obat-obatan yang dijual bebas. Minumlah obat sesuai indikasi Dokter.

Berikut beberapa artikel yang dapat menambah pengetahuan Anda:

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar