Sukses

Batuk Pilek dan Tenggorokkan Gatal

18 Jan 2016, 17:36 WIB
Wanita, 38 tahun.

Selamat Pagi, Dokter! Saya terkena batuk dan pilek, tenggorokan kering dan gatal. Obat apa yg tepat untuk saya minum, dok? Terima Kasih!

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Mohon maaf, sebelumnya perlu kami informasikan bahwa ekonsultasi online tidak dapat menggantikan konsultasi langsung dengan dokter karena terbatasnya data yang anda berikan dan tidak dilakukannya pemeriksaan fisik. Dan Kami bukan merupakan praktek dokter,sehingga Kami pun tidak dapat memberikan resep karena alasan yang sama. Ekonsultasi online adalah ekonsultasi untuk membantu masyarakat memahami penyakitnya dan apa yang terjadi pada dirinya sesuai dengan prinsip kami yaitu Komunikasi, Informasi, dan Edukasi. Bukan untuk meresepkan obat dan mendiagnosa penyakit.

Berdasarkan informasi yang anda berikan kuat dugaan keluhan yang anda alami disebabkan oleh radang tenggorokkan.

Peradangan pada tenggorokan dalam bahasa medis disebut faringitis atau tonsilofaringitis (karena sering disertai peradangan pada amandel/tonsil). Apabila juga melibatkan hidung, disebut rhinofaringitis. Penyebab infeksi dan radang tenggorokan paling banyak adalah virus (sekitar 40-60%) dan sekitar 15% disebabkan oleh bakteri streptococcus beta hemolyticus, streptococcus viridians, dan streptococcus pyogenes. Selain itu, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh jamur.

Namun perlu diketahui bahwa radang tenggorokan tidak selalu disebabkan oleh infeksi. Keadaan ini juga dapat disebabkan oleh alergi, atau iritan seperti polutan, asap rokok, dan substansi kimia lain. Gejala faringitis sangat bervariasi, bergantung pada penyebabnya. Saat sedang sakit, batasi jenis makanan yang dapat merangsang batuk seperti es dan makanan goreng-goreng. Untuk pengobatan silahkan anda periksakan diri ke dokter sehingga mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Bila lebih dari 1 minggu belum perbaikan, dapat diberikan antibiotika.

Jika mengalami nyeri menelan, cobalah untuk mengkonsumsi makanan lunak seperti bubur maupun nasi lembek dan hindari dulu memberikannya goreng-gorengan maupun es. 

Sekian, semoga membantu.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar