Sukses

Bintik Merah di Bokong

24 Mar 2016, 20:00 WIB
Wanita, 17 tahun.

Assalamu'alaikum dok Saya mau tanya saya ada bintik" merah di bokong saya, ketika duduk tidak sakit tetapi jika saya pegang bintik"nya tuh sakit banget, rasanya kepengen di kupas aja kulitnya tapi didalam bintik tsbt ada putih" dan jika saya kelupas pasti keluarnya darah/cairan putih. Jadi bagaimana dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Tentunya keluhan bintik-bintik merah ini telah membuat Anda merasa sangat tidak nyaman. Namun idealnya perlu dilakukan wawancara medis lengkap dan pemeriksaan langsung untuk melihat gambaran keluhannya. Dengan demikian, diagnosis penyakit kulitnya juga akan lebih mudah ditegakkan. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. 

Berdasarkan penjelasan yang Anda berikan saat ini, kami memikirkan beberapa kondisi yang mungkin menyebabkan, antara lain adalah infeksi jamur (tinea kruris), eksim (dermatitis) , atau infeksi parasit (skabies). Akan tetapi perlu dilakukan evaluasi lebih lanjut untuk memastikan penyebabnya. Di antara data tambahan yang dibutuhkan yaitu keterangan mengenai waktu tertentu timbulnya gatal (apakah lebih gatal saat malam hari, saat berkeringat, dsb?), riwayat pengobatan yang diberikan selama ini, serta gambaran kelainan kulit yang ada. Untuk itu kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk tatalaksana yang lebih optimal. Dokter akan memberikan Anda obat antigatal, antijamur atau antiradang golongan steroid sesuai indikasi penyebabnya.

Dan sebagai tindakan pencegahan yang penting adalah menjaga kekeringan dan kebersihan daerah bokong, kemaluan dan sekitarnya, menggunakan celana yang tidak terlalu ketat dengan bahan yang menyerap keringat, manajemen stres (pada eksim), hindari penggunaan barang secara bersama-sama (terutama jika penyebabnya adalah skabies), dsb.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar