Sukses

Nyeri Pergelangan Tangan dan Dada Seperti ditusuk

24 Mar 2016, 10:26 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok,sekitar pergelangan tangan kanan saya,terkadang timbul nyeri.padahal saya tidak sedang melakukan aktivitas berat atau lama.selain itu,dada kanan saya terkadang terasa nyeri.rasanya seperti ditusuk-tusuk.munculnya bisa ketika saya terburu-buru,terkena udara dingin,tapi ketika saya duduk santai atau berbaring pun,terkadang rasa nyeri itu juga muncul.mohon bantuannya.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Berikut ini merupakan berbagai kondisi yang dapat mencetuskan keluhan nyeri pada pergelangan tangan, yaitu:

  • Rematik

Merupakan peradangan bagian dalam kapsul sendi karena adnya antibodi abnormal yang justru menyerang bagian tubuh sendiri, yakni kapsul sendi. Penyakit rematik memang kerap menyerang sendi-sendi jari-jari dan pergelangan tangan. Biasanya penyakit ini menyerang lebih dari tiga sendi dan mengenai kedua tangan secara simetris pada waktu yang bersamaan. Jarang sekali penyakit ini mengakibatkan nyeri pada satu sendi saja

  • Trigger finger

Disebabkan oleh terjepitnya otot jari-jari di daerah telapak tangan. Gejala yang biasa dialami adalah nyeri pada pangkal jari tangan, terutama saat menggenggam. Jari seperti “tersangkut” ketika dilipat dan nyeri saat diluruskan kembali

  • Carpal tunnel syndrome

Disebabkan oleh terjepitnya saraf medianus di daerah pergelangan tangan. Gejala CTS yang lebih menonjol dibanding rasa nyeri adalah rasa tebal dan kesemutan pada ibu jari, telunjuk, jari tengah dan manis; jari kelingking tidak mengalami gejala semacam itu

  • Penyakit de Quervain

Muncul karena terjepitnya otot ibu jari tangan. Nyeri terasa di daerah pergelangan tangan di sebelah atas pangkal ibu jari. Rasa nyeri muncul saat tangan digunakan untuk menggenggam atau mengangkat sesuatu, seperti gayung untuk mandi.

Ketiga penyakit yang disebutkan terakhir lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan dengan pria.

Sayang sekali kami memiliki kesulitan untuk melakukan pemeriksaan fisik. Untuk itu, kami sarankan Anda untuk mengunjungi Dokter agar dilakukan pemeriksaan langsung sehingga kondisi Anda dapat segera terdiagnosis dan mendapatkan penanganan yang optimal.

Sedangkan keluhan nyeri dada kanan seperti ditusuk-tusuk dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya disebabkan karena gangguan jantung, gangguan otot atau tulang, paru-paru, saluran pencernaan atau psikologis.

Gejala nyeri yang khas untuk keluhan penyakit jantung adalah nyeri dada  kiri yang digambarkan seperti tertimpa benda berat, ditekan, atau diremas, nyeri berlangsung 2-5 menit, menjalar ke bahu kiri dan kedua lengan terutama pada permukaan tangan dan lengan bawah. Nyeri juga dapat menembus ke punggung, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Nyeri yang demikian disebut dengan Angina. 

Gejala nyeri angina umumnya dipicu oleh latihan (olahraga, aktivitas fisik, aktivitas seksual), emosi (stres, marah, ketakutan, frustrasi), dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan nitrogliserin sublingual. 

Nyeri karena masalah otot dan tulang biasanya muncul bila bagian tersebut ditekan, atau muncul dengan perubahan posisi. Nyeri seperti ini membaik dengan antinyeri seperti paracetamol atau obat antiinflamasi lain.

Nyeri karena masalah paru-paru biasanya berkaitan dengan tarikan napas, dan disertai dengan keluhan-keluhan lain seperti demam, batuk, atau sesak.

Peningkatan asam lambung memang dapat juga menimbulkan gejala nyeri dada atau perasaan sesak dan sensasi nyeri dada, hal ini biasanya disebabkan oleh GERD atau Gastro-esophageal reflux disease (refluks asam lambung ke kerongkongan). Faktor-faktor risiko yang mengakibatkan GERD termasuk kehamilan, obesitas, diet lemak tinggi, obat-obatan tertentu, stres, konsumsi tembakau atau alkohol dan sebagainya. Gejala GERD adalah perut yang mulas, rasa asam atau pahit di bagian belakang mulut atau tenggorokan, masalah menelan, mual, nyeri dada dari GERD dapat meniru serangan jantung, kembung, begah/sesak, dan banyak lainnya.

Nyeri dada bisa juga disebabkan oleh masalah psikologis, tetapi ini baru dipikirkan bila masalah-masalah lain sudah bisa disingkirkan.

Gejala penyakit jantung dapat dicurigai apabila Anda memiliki beberapa faktor risiko terkait, seperti 

  • Merokok, berapapun jumlahnya

  • Kadar kolesterol total dan kolesterol LDL yang tinggi

  • Hipertensi

  • Kadar kolesterol HDL yang rendah

  • Diabetes Mellitus

  • Usia lanjut

  • Obesitas (IMT > 25 mg/m2)

  • Kebiasaan kurang bergerak/aktivitas fisik

  • Riwayat keluarga menderita PJK pada usia muda ( < 55 tahun untuk pria dan < 65 tahun untuk wanita) 

Selain gejala, tentunya dibutuhkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang terkait, seperti pemeriksaan rekam jantung (EKG), pemeriksaan rontgen dada, dan pemantauan. Coba konsultasikan ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut, sehingga dapat dideteksi penyakit jika ada pada tahap awal.

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

GERD atau Sakit Jantung?

Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar