Sukses

Bisul berulang di bokong

17 Jan 2016, 10:25 WIB
Pria, 27 tahun.

Selamat pagi dok, saya yuli saya ingin mempertanyakan penyakit kaka saya, yang datanya sudah saya isikan sebelumnya, begini dok kakak saya sekarang sedang mengalami abscessus(bisul) yang tidak kunjung sembuh kaka saya juga selalu mengalami bisul setiap bebrapa bulan skali diarea yang sama didaerah bokong padahal kebersihannya sudah terjaga, mohon bantuannya dokter terimakasih

Terima kasih relah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini untuk kakak anda. Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran sisebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, bisul yang terjadi berulang kali kambuh kembali, yang berarti bahwa faktor pencetus bisul tersebut belum dihilangkan dan bisul yang Anda miliki belum ditatalaksana sampai tuntas.

Obat untuk mengobati bisul, sesuai dengan penyebabnya, adalah antibiotik, bisa berupa topikal (dioleskan) ataupun oral (tergantung jenis furunkel). Namun sesudah diberikan antibiotik, guna mencegah bisul tersebut kambuh kembali, disarankan untuk menjaga kebersihan daerah tersebut. Dalam kasus Anda, kelembaban daerah bokong akan mempermudah timbulnya bisul kembali.

Disarankan untuk menjaga kebersihan daerah sekitar bokong, mengeringkan ddaerah bokong dan sekitarnya setelah BAB dan BAK dengan handuk kecil atau tissue, tidak menggunakan celana dalam ataupun celana yang ketat, disarankan memakai pakaian dalam dari bahan kaos atau katun, dan rajin berganti pakaian dalam.

Apabila keluhan ini sudah berulang, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar