Sukses

Haid Tidak Teratur Setelah Lepas Suntik KB

15 Jan 2016, 19:53 WIB
Wanita, 26 tahun.

Dokter,haid saya terlalu srg 1bln bisa sampai 3x.setelah saya ikut KB suntik 1bln selama 1thn,dan baru berhenti di bulan okt 2015 kmrn,setelah itu haid nya terlalu sering sampai saat ini.kenapa yaa dokter.mohon jawabanya. terimakasih

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Kontrasepsi suntikan KB mengandung hormon yang berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh. Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan atau bahkan tidak haid. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini.

Pada pemakaian KB suntik, siklus menstruasi yang teratur akan kembali terjadi dalam waktu 6 bulan-1 tahun setelah pemakaian suntikan KB dihentikan. Selama dalam waktu 6 bulan-1 tahun maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu. Pengembalian kesuburan untuk kehamilan 5-7 bulan setelah penghentian suntikan. Namun hal ini berbeda- beda pada setiap individu.

Namun jika lebih dari satu tahun lepas suntik KB Anda masih mengalami haid yang tidak teratur, kami sarankan agar Anda memeriksakan diri kepada dokter kandungan diagnosis dan penanganan lebih lanjut.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar