Sukses

Terasa Berat Jika Bernapas

14 Jan 2016, 21:51 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, saya mau tanya. Beberapa tahun belakangan ini saya sering merasa berat kalau bernafas, tp utk beberapa hari ini setiap hari saya merasakan seperti itu. Karena sering susah bernafas saya jd merasa cemas, khawatir dengan keadaan saya, jd sering merasa parno dg sesuatu. Saya memang memiliki maag dan pencernaannya tidak lancar. Padahal saya sdh sering ke dokter tapi tetap saja hasilnya. Bagaimana saya menangani hal tersebuf ya dok? Mohon penjelasannya. Terima kasih

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Sesak merupakan perasaan yang dirasakan oleh seseorang mengenai ketidaknyamanan atau kesulitan dalam bernapas. Penyebabnya banyak sekali, karena itu dibutuhkan pemeriksaan lengkap dan langsung oleh dokter. Sesak napas dapat disebabkan oleh gangguan dalam sistem pernapasan (hidung, tenggorokan paru-paru) atau gangguan yang berasal dari luar paru-paru (jantung).

Tanda-tanda dari sesak napas dapat berupa :

  • Peningkatan jumlah frekuensi napas (dewasa >20x/menit; anak >30x/menit; bayi>40x/menit)
  • Kebiruan pada sekitar bibir, ujung-ujung jari
  • Adanya suara napas tambahan seperti ngorok, serak, grok-grok, mengi

Penyebab kegawat daruratan karena sesak napas dapat berupa :

  • Asma : batuk, mengi
  • Infeksi paru (pneumonia) : batuk, panas, sesak napas
  • Alergi (pembengkakan pada tenggorok yang menyebabkan terjadinya sumbatan) : riwayat makan makanan yang menyebabkan alergi (seafood, kacang, telur, dll)
  • Sakit jantung (disertai nyeri dada)
  • Trauma dada (kecelakaan yang mengenai dada) : riwayat benturan keras di daerah dada, sesak napas, nyeri dada, ada kerusakan pada dada (patah tulang), perdarahan

Berdasarkan keterangan yang kami berikan, kira kira apa yang memicu rasa sesak napas Anda? Apakah ada riwayat asma pada diri Anda? Apakah Anda merokok? Apakah Anda ada keluhan terasa panas pada dada? mual atau muntah? rasa seperti terbakar pada daerah leher? apakah Anda memiliki riwayat sakit magg? apakah Anda memiliki kebiasaan berbaring atau tidur setelah makan? 

Salah satu penyebab yang mungkin berpengaruh terhadap kondisi Anda saat ini adalah dyspepsia/maag atau GERD (gastro esophageal reflux disease) yaitu suatu keadaan yang muncul oleh karena terjadi peningkatan asam lambung yang terkadang gejala mirip dengan sakit jantung, terutama Anda merasakan nyeri pada dada kiri yang menyebar hingga ke belikat.  Coba Anda lakukan beberapa modifikasi dalam hidup Anda seperti jangan dulu mengkonsumsi makanan pedas, hentikan minum soda, makanan yang mengandung banyak gas seperti sawi, kol, dan hentikan dulu kopi dan teh. Coba makan tepat waktu, hindari mengkonsumsi makanan 2 jam sebelum tidur, dan memang pada kondisi GERD lebih nyaman bila tidur dengan bantal tambahan.

Mulai sekarang coba lakukan olahraga ringan seperti jogging atau jalan santai sekitar rumah. Kami menyarankan agar Anda juga melakukan pemeriksaan tekanan darah serta pemeriksaan darah seperti kadar hemoglobin(Hb) Anda, gula darah sewaktu dan fungsi hati. Apakah Anda pernah mendengar istilah psikosomatis? Perasaan sesak dan nyeri dada terkadang dapat dipicu oleh keadaan psikosomatis, yang dipengaruhi oleh stres.

Sayangnya kami mengalami kesulitan untuk memastikan penyebab sesak yang Anda rasakan dikarenakan minimnya informasi data dan keterbatasan kami untuk melakukan pemeriksaan secara langsung. 

Coba lakukan modifikasi gaya hidup yang kami sarankan dan bila memang tidak ada perubahan, Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung dan wawancara medis lebih mendalam dalam mendiagnosis kelainan yang Anda alami guna evaluasi dan penanganan lebih lanjut.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar