Sukses

Menurunkan LED

15 Jan 2016, 05:36 WIB
Pria, 19 tahun.

LED saya 100 untuk menurunkan LED nya saya harus gimana dok? dan makanan apa yg cocok buat saya??

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Laju endap darah (LED) adalah kecepatan sel darah merah berpresipitasi atau mengendap dalam jangka waktu 1 jam. Nilai LED mencerminkan ukuran cepatnya darah mengendap. Makin banyak sel darah merah yang mengendap maka nilai LED akan semakin meningkat. Peningkatan nilai LED tidak spesifik hanya terjadi pada satu penyakit saja. Terdapat beberapa keadaan yang dapat menyebabkan peningkatan nilai LED, yaitu:

  • Penyakit infeksi, kasus yang paling sering adalah infeksi tuberkulosis (TBC)
  • Penyakit keganasan/kanker
  • Terjadi reaksi peradangan di tubuh
  • Pasien anemia/kurang darah
  • Orang normal : orangtua, perempuan, wanita hamil
  • Dll

Nilai LED tinggi dapat terjadi pada orang normal, dan sebaliknya seseorang yang menderita penyakit dapat memiliki nilai LED yang normal. Oleh sebab itu pemeriksaan ini tidak dapat berdiri sendiri dan hanya merupakan pemeriksaan penunjang setelah dilakukan wawancara dan pemeriksaan fisik oleh dokter.

Untuk dapat menormalkan nilai LED yang tinggi, tentu saja penyakit dasar/penyebab harus diobati sehingga nilai LED dapat kembali normal. Jika keluhan masih dirasakan sangat menganggu, kami sarankan anak Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokterpenyakit dalam agar mendapatkan penanganan yang optimal dan diketahui penyebab terkait dengan keluhan  Anda.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar