Sukses

Benjolan di Vagina

14 Jan 2016, 15:30 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat Sore Dokter, Saya wanita 23 tahun sudah menikah juga. yang saya mau tanya ssma dokter sebulan ini saya merasakan ada benjoaln di bibir vagina sebelah kiri kalo di pencet tidak sakit dan itu muncul desember kmrn, sblm nya saya smpet hamil 1 bulan benjolan itu tiba2 ada, tapi saya keguguran abis itu di kuret kenapa benjolan nya sampai sekarang blm hilang , dan skrng saya merasakan nyeri sdikit di daerah selangkangan , kaki kiri saya rasa nya agak lemas , pengaruh dari benjolan itu atau tidak ya dok dan harus bagaimana saya saat ini. mohon info nya terimakasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada daerah bibir vagina. Dalam dunia medis, semua benjolan disebut tumor. Secara garis besar benjolan (tumor) dibedakan menjadi tumor jinak atau ganas. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:  

  1. Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.

  2. Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina

  3. Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.

  4. Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.

  5. Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin  

Untuk mengetahui benjolan itu berbahaya atau tidak, diperlukan pemeriksaan ke dokter. Dari pemeriksaan fisik, Dokter akan dapat menduga benjolan tersebut ganas atau tidak, namun untuk mengetahui secara pasti, maka benjolan tersebut harus diangkat dan diperiksa di bawah mikroskop (histopatologi). Saran kami adalah Anda  memeriksakan diri ke dokter.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar