Sukses

Hymenoplasty

15 Jan 2016, 13:32 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok apakah setelah melakukan tindakan hymenoplasty akan terlihat bekasnya ? walaupun di cek dengan dokter lainnya juga

dr. Irma Rismayanty

Dijawab Oleh:

dr. Irma Rismayanty

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan. Selaput dara atau di dalam dunia medis dikenal dengan nama hymen adalah selaput membran mukosa yang berada di depan liang vagina. Pada wanita muda, hymen cenderung tipis sehingga mudah robek. Robekan dapat disebabkan karena hubungan seksual atau non-seksual (berolahraga, berkuda, bersepeda, senam).

Hymen berdasarkan kultural setempat merupakan tanda keperawanan, padahal pengertian 'tidak perawan' adalah pernah melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis, tidak peduli apakah selaput daranya sobek atau tidak.

Saat ini memang ada operasi untuk mengembalikan hymen ke bentuk semula atau membuat lapisan hymen utuh seperti semula. Operasi ini disebut dengan hymenoplasty yang terbagi atas 2 :

  1. Simple hymenoplasty yaitu bila selaput dara masih ada yang tersisa, dilakukan penjahitan sehingga selaput dara kembali ke bentuk semula
  2. Alloplant dimana tidak ada sisa selaput dara sama sekali dan dilakukan pemasangan selaput dara buatan

Namun memang perlu dipahami bahwa operasi ini tidak mengembalikan keperawanan karena pengertian dari keperawanan seperti yang sudah disebutkan diatas. Operasi ini dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik dan dapat dilakukan di Rumah Sakit atau Klinik yang terdapat spesialis bedah plastik. Efek samping sama seperti operasi lainnya berupa infeksi, perdarahan, dan alergi obat. Mengenai bekas operasi, jika anda tidak ada bakat keloid, umumnya tidak terjadi. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar