Sukses

Waktu Yang Tepat Untuk Melakukan Test Kehamilan
19 Jan 2016, 08:45 WIB
Wanita, 23 tahun.

assalamualaikum dok,, saya mau nanya nih, saya mens terakhir tanggal 7 desember,, sekarang bulan januari tanggal 10, berarti telat kan ya dok,, pas tanggal 7 kemaren saya tes tapi masih negatif, maklum karna gak sabar,, karna udh di nanti banget,, kira kira saya bisa melakukan tes kembali tanggal berapa yah dok, dan memang terkadang saya mengeluh pusing, kepala rasa nyut nyutan gitu dan kadang merasa mual,, apa lagi sering kecing terus,, saya gak tau apa ini pertanda nya atau bukan,, saya optimis terus sih, dan berdoa semoga ini pertanda baik,, mohon arahan nya yah dok, sebelum nya saya ucapkan terima kasih

 

Ibu/Saudari yang terhormat. Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Apabila Anda dan suami ingin mencoba untuk mendapatkan keturunan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Hubungan seksual juga perlu dilakukan terutama pada saat masa subur. Masa subur adalah masa dimana telah terjadi ovulasi (pelepasan sel telur matang dari indung telur). Untuk mengetahui kapan masa subur Anda, Anda harus mengetahui berapa rata-rata siklus haidnya dari 3-6 siklus haid terakhir. Jika siklus menstruasi Anda berlangsung teratur selama 28 hari, maka waktu terjadinya ovulasi adalah perkiraan hari pertama haid berikutnya dikurangi 14 hari. Lakukanlah hubungan seksual terutama pada 3 hari sebelum waktu ovulasi hingga 3 hari setelah terjadinya ovulasi. Kemungkinan terjadinya pembuahan akan lebih tinggi jika Anda dan suami melakukan hubungan seksual pada masa-masa tersebut.   

Disamping itu, yang perlu dilakukan dalam persiapan kehamilan adalah merubah pola hidup menjadi lebih sehat dengan makan makanan bergizi dan seimbang, asupan vitamin sesuai kebutuhan, istirahat teratur, dan berolahraga cukup. Perlu juga diperhatikan:

  • Hentikan segala kegiatan yang kurang baik apabila Ibu ingin hamil. Hindari merokok, obat-obatan terlarang, dan alkohol (termasuk suami)
  • Hindari juga konsumsi obat-obatan termasuk yang dijual bebas
  • Menurut The Center for Disease Control (CDC), wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B dalam jumlah cukup dan asam folat sebanyak 400 mikrogram/hari agar dapat mengurangi risiko gangguan perkembangan otak embrio.
  • Ketahui masa subur Anda, dan lakukan hubungan intim 3-4x/minggu 

Selain itu, dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, melalui pemeriksaan fisik dan penunjang lainnya seperti USG untuk melihat adanya kelainan pada organ reproduksi. Umumnya Dokter akan merekomendasikan beberapa pemeriksaan, termasuk pemeriksaan analisa sperma untuk suami Anda.

Test Pack adalah suatu alat untuk mendeteksi kehamilan berdasarkan hormon B-HCG yang dihasilkan ketika seorang wanita hamil. B-HCG akan terdeteksi pada 8 hari setelah konsepsi (pembuahan sel telur oleh sel sperma) atau sekitar 1 minggu sebelum periode menstruasi berikutnya. Namun B-HCG saat ini (8 hari pasca konsepsi) hanya terdeteksi pada 5% wanita. Kebanyakan wanita akan positif pada hari ke 11-12 pasca pembuahan. 

Bila Ibu melakukan test  pack pada 7 hari pasca pembuahan atau 1 minggu sebelum menstruasi berikutnya, maka kemungkinan positif hanya 5% karena kadarnya kemungkinan masih 5 IU/L. Namun karena levelnya yang akan terus meningkat, maka Ibu dapat melakukan test pack kembali pada 11-12 hari post konsepsi. Semakin lama Ibu menunda melakukan test pack (contoh: ketika 1 bulan telat haid) maka akan semakin besar kemungkinan Ibu positif (bila Ibu memang hamil). 

Perlu diketahui bahwa tanda pasti kehamilan hanya dapat dilakukan dengan melakukan pemeriksaan USG, yaitu dengan melihat kantung kehamilan, denyut jantung bayi atau Anda sudah merasakana danya pergerakan janin.
Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat bagi Anda dan suami dan semoga Anda dan suami dapat segera diberikan momongan. 

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter 

0 Komentar

Belum ada komentar