Sukses

Perut Teraba Keras Dan Benjolan Di anus

24 Mar 2016, 09:54 WIB
Wanita, 23 tahun.

sore, sy mau tanya dok, 1. kenapa perut saya keras kalau di tekan, sy ada penyakit maag tapi dapatnya sejak mulai SMA sampe sekarang, 2. sya ada benjolan kecil sebesar biji kacang ijo di anus, sering buang angin dan BAB sering 2-3 hari sekali kadang2 sj rutin. dan berat badan sy kayaknya menurun atau timbangannya yg rusak, gmna itu dok? Tq

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Dimanakah letak persis perut anda yang teraba keras? apakah disemua bagian perut atau hanya pada bagian tertentu? Sejak kapan kondisi ini anda alami? Keluhan perut yang terabad keras dapat disebabkan oleh banyak hal, dapat normal maupun tidak normal. Kondisi yang normal adalah pada orang kurus dimana jaringan lemak pada area perut sedikit sehingga pada perabaan akan teraba otot-otot perut yang keras. Sedangkan kondisi yang tidak normal dapat disebabkan oleh adanya penyakit infeksi, tumor / kanker, trauma dsb.  Untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan juga. Untuk itu anda perlu kedokter.

Sedangkan keluhan benjolan pada anus, adakah keluhan lain yang juga anda alami, misalnya nyeri saat BAB, atau BAB keluar dararh? Untuk memastikan penyebabnya juga perlu dilamati secara langsung, apakah benjolan tersebut merupakan kulit yang menebal (skin tag), wasir / hemoroid, bisul dsb. Dalam kasus anda wasir dapat dicurigai sebagai penyebabnya karena berhubungan dengan riwayat BAB anda yang tidak lancar.

Untuk keluhan Penurunan berat badan bisa disebabkan oleh berbagai macam sebab. Sejak kapan berat badan Anda menurun ? Apakah drastis ? 

Penurunan berat badan tanpa ada sebab yang jelas bisa disebabkan oleh : Peningkatan hormon tiroid (Hipertiroid), Diabetes, Penyakit TBC, Kanker, HIV/AIDS, Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Untuk dapat memastikannya diperlukan pemeriksaan fisik dan anamnesa lebih lanjut

Karena banyaknya keluhan yang anda alami secara bersamaan, kami anjurkan anda melakukan pemeriksaan kesehatan kepada dokter. Dengan demikian diharapkan anda mendapatkan penanganan yang optimal sesuai diagnosis yang telah ditegakkan.

Demikian, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar