Sukses

Keluar Cairan Putih Dari Penis

24 Mar 2016, 08:32 WIB
Pria, 23 tahun.

dok saya menderita perih di bagian kelamin saya... kencing sich terasa perih tapi gak perih2 amat air kencing juga gampang dan banyak keluarnya... tapi sering mengeluarkan cairan putih..tapi dia gak keluar bareng air seni saya...cairan putih itu keluar stelah 1-5 menit setelah kencing keluarnya juga sedikit dan tidak berbau...penis saya juga gak luka dok...cma sering rasa buang air besar tapi gak mau keluar setelah ke toilet...kira2 saya sakit apa yah dokk..apa solusinya...?kira2 obat apa yang ada diapotik yg bisa saya beli...makasih mohon di respons...

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya perlu kami tanyakan, sudah berapa lama anda menderita keluhan tsb? adakah keluhan lain yang menyertainya, seperti BAK keluar darah, terasa tidak tuntas, nyeri perut atau demam, dsb?

Adanya keluhan perih atau sakit pada area kelamin dikhawatirkan diakibatkan oleh adanya infeksi pada saluran kencing anda. Jika disertai dengan keluarnya cairan putih dari kemaluan, maka sebaiknya segera anda periksakan kepada dokter di tempat praktek yang memiliki fasilitas medis yang cukup lengkap, misalnya rumah sakit.

Cairan yang keluar dari penis dapat terjadi secara normal (fisiologis) atau tidak normal (patologis). Secara fisiologis, pengeluaran cairan terjadi saat laki-laki terangsang secara seksual. Cairan ini bersifat pelumas sebelum ejakulasi. Selain itu, pada pria yang belum disunat, dapat terjadi penumpukan smegma di kulup (frenulum) penis dan bergabung dengan cairan pelumas ini, sehingga dapat terlihat bercak putih.

Secara patologis, cairan keluar saat tidak ada rangsangan seksual. Cairan dapat bersifat putih kehijauan atau bening. Keluarnya cairan yang patologis dapat disebabkan oleh infeksi menular seksual ataupun infeksi saluran kemih. Biasanya selain keluhan keluarnya cairan dari kemaluan juga disertai dengan keluhan nyeri saat berkemih, perasaan tidak tuntas saat berkemih, sering berkemih/anyang-anyangan, dan lain sebagainnya.

Untuk mendapatkan pengobatan yang optimal, sebaiknya anda tidak mencoba mengobati diri sendiri dengan membeli obat (baik medis atau herbal) tanpa pengawasan dokter, dan anda perlu menghindari kebiasaan tersebut. Dikhawatirkan, hal ini justru akan menambah berat penyakit anda akibat kesalahan terapi.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar