Sukses

Cara Menghilangkan Bekas jerawat

10 Jan 2016, 08:05 WIB
Wanita, 18 tahun.

Umur saya 18 tahun, setahun lalu jerawat mulai muncul di wajah saya dan meninggalkan bekas yang tidak juga memudar. Saya sudah coba menggunakan masker alami hingga kimia tapi tidak hilang. Apakah saya perlu dan boleh mengkonsumsi obat seperti vit.e? Berhubung saya tidak suka sayur dan kurang asupan vit.e

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Bekas jerawat dapat dihilangkan dengan beberapa cara, misalnya dengan terapi laser, dermabrasi, dll.  Namun, penanganan bekas jerawat ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat. Pada keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas jerawat. Selain itu, bekas jerawat juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat yang diresepkan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. Kemudian cara lain yang dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat yaitu prosedur chemical peeling. Kedua prosedur tersebut (krim malam yang mengandung asam retinoat dan chemical peeling) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul. 

Namun, sebaiknya sebelum memilih dan melakukan prosedur tersebut, kulit Anda akan dianalisa terlebih dahulu seperti kedalaman bekas jerawat, jenis kulit, dan adanya reaksi alergi. Setelah itu, baru dipilihkan jenis cairan kimia dan konsentrasi/ kekuatan yang sesuai untuk kondisi kulit Anda.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendiskusikan pilihan-pilihan untuk mengatasi bekas jerawat pada wajah Anda.

Vitamin E

Vitamin E memiliki zat aktif alfa-tocopherol yang merupakan antioksidan dan berfungsi melindungi membran sel dari oksidasi. Zat ini akan membawa radikal bebas dan mencegah proses oksidasi berlangsung. Vitamin E juga dapat mencegah kerusakan saraf dan mencegah kanker.

Dosis yang dibutuhkan tubuh setiap harinya adalah 15 mg atau setara dengan 22,4 IU. Sumber vitamin E adalah berbagai jenis makanan seperti kacang, biji-bijian, sayuran hijau, kedelai, jagung, minyak nabati, dan banyak lagi. Apabila kebutuhan vitamin E sudah dipenuhi melalui makanan maka tidak perlu lagi tambahan asupan vitamin dari suplemen. 

Vitamin E memang baik untuk kulit, namun kami belum menemukan bukti ilmiah mengenai manfaat vitamin E untuk menghilangkan bekas jerawat. Untuk menghilangkan bekas jerawat Anda dapat mengikuti saran yang sudah kami sebutkan di atas. Chemical peeling memang dapat membuat wajah merah karena terjadi proses pengelupasan kulit dan biasanya akan menghilang dengan sendirinya. Hindari paparan sinar matahari pasca melakukan peeling untuk mencegah iritasi semakin parah.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar