Sukses

Gangguan Pada Proses Menelan?

22 Mar 2016, 10:30 WIB
Wanita, 22 tahun.

Apakh menelan makanan cendrung dgn sisi kiri kerongkongan itu normal?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Untuk itu, sebelum menjawab pertanyaan anda, akan kami jelaskan sedikit mengenai proses menelan yang normal.

Menelan, merupakan suatu proses kompleks yang terjadi akibat kerjasama otot-otot dalam rongga mulut, faring hingga esofagus. Jika proses ini gagal, benda yang akan ditelan dapat masuk kedalam trakea (saluran napas) dan menyebabkan refleks tersedak.

Proses menelan sendiri terbagi kedalam tiga fase. Yang pertama adalah fase oral, yaitu ketika makanan/minuman masih berada dalam rongga mulut. Makanan/minuman ini akan diolah sedemikian rupa oleh gigi geligi, lidah, langit-langit mulut, otot-otot pipi, serta air ludah untuk menjadi bolus dengan ukuran yang siap untuk ditelan. Proses ini berjalan dengan disadari.

Bolus ini akan diletakaan diatas lidah, kemudian otot-otot lidah akan berkontraksi mendorong makanan dari depan kebelakang. Saat sudah sampai di pangkal lidah, maka masuk kedalam fase faringeal, dan refleks menelan segera timbul. Proses ini hanya berlangsung sekitar 1 detik untuk menelan cairan dan dapat lebih lama bila menelan makanan padat.

Selanjutnya, masuk pada fase esofageal dimana proses menelan terjadi  tanpa disadari. Fase ini terjadi selama 3-4 detik, dimana terjadi gerakan mendorong makanan hingga memasuki lambung.

Demikianlah proses menelan yang normal terjadi.

Dalam kasus anda, perlu juga dijelaskan sudah berapa lama anda alami? apakah selalu anda rasakan ketika menelan? sudahkah anda memeriksakan keluhan tersebut kepada dokter sebelumnya?

Keluhan mengganjal saat menelan dapat disebabkan oleh berbagai macam penyakit. Mulai dari infeksi hingga sumbatan pada kerongkongan. Apakah rasa mengganjal dirasakan lebih berat saat menelan makanan padat? Ataukah rasa mengganjal sama-sama dirasakan saat minum? Bila keluhan dirasakan terutama saat menelan makanan padat, dikhawatirkan terdapat sumbatan mekanik pada kerongkongan. Bila terjadi saat makan maupun minum, dapat saja disebabkan oleh gangguan motilitas kerongkongan (esofagus) seperti spasme esofagus. Bila disertai dengan nyeri menelan, dapat saja karena infeksi kronis daerah kerongkongan.Penyebab lain dapat saja karena gangguan syaraf, gangguan otot menelan, gangguan metabolik, dan infeksi.

Karena banyaknya kemungkinan yang dapat terjadi, serta kurangnya informasi yang ada, maka kami anjurkan anda tetap melakukan pemeriksaan kepada dokter terdekat apabila keluhan ini sudah lama anda rasakan atau terasa mengganggu. Dengan demikian diharapkan anda mendapatkan penanganan yang optimal untuk mengatasi keluhan anda.

Demikian, semoga membantu.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar