Sukses

Badan Pegal dan Lemas

01 Mar 2016, 23:01 WIB
Wanita, 17 tahun.

Selamat siang dokter. Saya sempat menjalani diet karbohidrat selama hampir 6 bulan dan alhasil berat badan saya turun hampir 17 kg. Saat ini, saya sedang mencoba berhenti diet dan beralih ke pola makan seimbang. Namun setiap saya habis makan (khususnya jenis karbohidrat dan protein) bukan nya badan terasa berenergi, tapi malah badan saya terasa pegal dan lemas. Yang saya ingin tanyakan adalah, apakah pegal yang saya alami itu berasal dari diet ketat saya dulu? Bagaimana cara menyembuhkan nya? Adakah makanan tertentu yang tidak boleh saya konsumsi? Terima kasih atas perhatiannya. Selamat siang.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami memahami kekhawatiran Anda. Badan pegal linu dan nyeri yang Anda rasakan kemungkinan disebabkan oleh fibromyalgia. Fibromialgia adalah kondisi yang disebabkan keluhan nyeri dan kaku pada bagian otot, tendon, dan sendi. Fibromialgia juga dikarakterisasi dengan kondisi kurang istirahat, perasaan lelah saat bangun pagi, lelah, cemas, depresi, dan gangguan pencernaan.

Penyebab dari fibromyalgia sendiri masih belum diketahui. Meskpun fibromyalgia merupakan penyakit yang mempengaruhi otot, nyeri pada jaringan tersebut tidak diikuti dengan peradangan pada jaringan dan tidak menyebabkan kerusakan dari jaringan, berbeda dengan arthritis atau peradangan lainnya.

Anda dapat mulai melakukan peregangan pada otot tubuh Anda dengan cara berolahraga. Tidak perlu olahraga yang berat olahraga intensitas ringan-sedang saja seperti berjalan sudah cukup. Pastikan cukup isttirahat, jangan terlalu memforsir tubuh Anda sehingga Anda akan kelelahan. Perbanyak makan sayur dan buah-buahan untuk menjaga stamina Anda. Hindari aktivitas berlebih dan juga begadang, selain itu hindari konsumsi minuman beralkohol dan juga rokok.

Jika keluhan dirasakan semakin menganggu, kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk evaluasi dan penanganan lebih lanjut.

Berikut kami sertakan artikel:

fibromialgia

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar