Sukses

Penanganan Varises

01 Mar 2016, 23:04 WIB
Wanita, 26 tahun.

mau nanya kalau ada varices hrs konsultasi ke dokter spesialis apa ? lalu apa tindakan yg sebaiknya diambil ? apa operasi atau tindakan lainnya ? terima kasih .....

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Varises pembuluh darah vena disebabkan oleh pengumpulan darah pada vena bagian perifer (tepi) akibat tidak efisiennya katup yang ada. Pada kondisi normal, katup pada vena mencegah darah kembali mengalir ke tungkai. Peningkatan tekanan akibat kurangnya olahraga, obesitas, sering memakai hak tinggi, dapat melambatkan aliran darah yang terkadang menyebabkan pembesaran atau pembengkakan dari pembuluh vena.

Varises vena dapat berupa pelebaran vena yang berwarna biru di permukaan kulit, gatal, dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Kaki dan persendian dapat menjadi bengkak. Terapi penekanan dengan menggunakan stoking khusus dapat mengurangi gejala varises yang sudah terjadi namun tidak dapat mencegah varises yang akan terjadi. Yang dapat Anda lakukan untuk mencegah terjadinya varises di antaranya adalah:

  • Hindari duduk atau berdiri dalam waktu lama, ubah posisi secara berkala

  • Hindari berada dalam posisi yang membatasi peredaran darah pada tungkai (seperti menyilangkan kaki ketika duduk)

  • Tinggikan posisi tungkai dan kaki ketika duduk

  • Berolahraga secara teratur

  • Pemakaian stoking namun hindari pakai celana yang terlalu ketat di bagian tungkai

Berolahraga teratur dapat melancarkan aliran pembuluh darah di kaki. Selain itu juga jangan terlalu sering memakai sepatu hak tinggi dengan hak yang runcing. Anda juga dapat mengkonsumsi obat untuk varises yang dapat diresepkan oleh dokter. Varises terdapat beberapa tingkat keparahan. Untuk varises yang sudah parah, dan tidak dapat ditangani hanya dengan obat, barulah dilakukan operasi. 

Untuk penanganan lebih lanjut terkait varises, Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah vaskular. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar