Sukses

Telinga Berdesis

10 Jan 2016, 07:01 WIB
Pria, 46 tahun.

selamat mlm dok mau ty telinga sy sering berdesis kenapa ya

Terimakasih atas kesetiaan Anda menggunakan fasilitas e-konsultasi dari klikdokter.  Semoga jawaban Saya dapat membantu masalah Anda.

Bunyi yang Anda dengar pada telinga kanan Anda dalam kedokteran disebut sebagai tinitus. Bunyi ini bisa berasal dari kepala atau telinga tanpa keterlibatan sumber bunyi dari luar. Tinitus bukanlah penyakit melainkan suatu gejala yang sebaiknya segera dicari penyebabnya.

Menurut American Academy of Otolaryngology, tinitus disebabkan oleh kerusakan dari ujung saraf pendengaran pada telinga dalam. Kerusakan tersebut dapat terjadi akibat penuaan. Pada usia seperti Anda, tinitus umumnya disebabkan oleh:

- pajanan suara keras

- gaya hidup  (konsumsi kopi, teh, cola, rokok, garam, kurang vitamin B12)

- obat-obatan tertentu (aspirin, antiradang bukan steroid, beberapa macam antibiotik)

- alergi pada saluran pernapasan (hidung, sinus)

- tekanan darah rendah

- trauma terhadap kepala atau telinga,

- infeksi

- faktor psikologis (ansietas / rasa cemas, depresi)

- tidak diketahui

Prinsip terapinya adalah menghindari / menghilangkan pencetus dan menyembuhkan penyebab. Saat ini Saya masih belum dapat memastikan penyebab tinitus pada Anda.  Idealnya perlu digali lebih lanjut mengenai berbagai kemungkinan yang ada, termasuk beberapa pemeriksaan fisik langsung ataupun penunjang (bila diperlukan) untuk memastikan penyebabnya.

Yang dapat saya sarankan saat ini adalah biasakan berolahraga untuk memperbaiki aliran darah. Jangan terlalu memikirkan mengenai tinitus yang terjadi, belajarlah untuk mengabaikannya atau mengalihkannya ke hal lain (mendengarkan musik ketika mau tidur misalnya). Apabila keluhan belum membaik, sebaiknya Anda segera berkonsultasi ke dokter spesialis THT.

Demikian penjelasan Saya. Semoga dapat dipahami.

Terima Kasih

    0 Komentar

    Belum ada komentar