Sukses

Bisakah Melahirkan Normal Setelah Patah Tulang?
11 Jan 2016, 16:07 WIB
Wanita, 23 tahun.

Salam. Sy sedang hamil 18w. Dg keadaan kaki fraktur blm bisa jalan dan nekukj.yg sy tanyakan bisakah sy melahirkan normal, sdangkan ada yg bilang kondisi sprti sy sulit melahirkan normal. Terimakasih

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Patah tulang kaki bagian mana yang Anda alami? Apabiila patah tulang mengakibatkan kelainan pada rongga panggul maka dapat berpengaruh terhadap proses persalinan normal, misalnya pada peregangan rongga panggul secara berlebihan. 

Struktur anatomi panggul terbentuk atas tulang, jaringan ikat, dan sendi yang menghubungkan antara dua tulang. Terdapat empat sendi pada panggul, yaitu dua sendi penghubung tulang sakrum dengan tulang ilium (articulatio sacroiliaca), satu sendi penghubung antara dua tulang pubis (symphisis pubis), dan satu sendi penghubung tulang sakrum dengan tulang koksigeus (articulatio sacrococcigeus). Dari keempat sendi tersebut, syimphisis pubis merupakan sendi yang memiliki toleransi pergerakan sendi paling sedikit/terbatas. Pada proses persalinan dengan penyulit (seperti bayi besar, atau adanya kelainan posisi bagian tubuh bayi saat memasuki rongga panggul ibu), peregangan symphisis pubis dapat terjadi secara berlebihan, yang disebut sebagai symphisiolisis. Kondisi ini dapat menyebabkan rasa nyeri panggul hebat seperti yang pernah Anda alami.

                              

Gambar 1. Berbagai derajat peregangan symphisis pubis atau symphisiolisis

Symphisiolisis dapat dikategorikan sebagai patah tulang sehingga umumnya ditangani oleh dokter spesialis bedah tulang (bedah orthopaedi). Pada kasus Andasymphisis pubis tidak terlalu teregang (< 2,5 cm) sehingga penyembuhan dapat terjadi secara primer tanpa bantuan alat fiksasi apapun.

Persalinan normal masih mungkin dilakukan, selama posisi janin normal dengan berat badan janin lebih kecil dibandingkan anak Anda sebelumnya. Akan tetapi memang sebaiknya persalinan dilakukan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Symphisiolisis dapat terjadi kembali apabila persalinan normal dilakukan sebelum symphisiolisis sebelumnya sembuh benar. Namun apabila patah tulang tidak menyebabkan perubahan anatomi dan fungsi rongga panggul secara keseluruhan maka untuk persalinan normal merupakan hal yang boleh dilakukan. 

Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk tatalaksana yang lebih optimal. Diskusikan dengan dokter mengenai harapan dan kemungkinan Anda untuk melahirkan secara normal mempertimbangkan riwayat symphisiolisis dan kondisi kehamilan Anda saat ini, agar dapat dicapai solusi yang terbaik untuk Anda dan janin dalam kandungan Anda.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar