Sukses

Payudara Sering Nyeri

12 Jan 2016, 13:21 WIB
Wanita, 30 tahun.

siang dok...mau tny nov 2015 saya operasi tumor jinak payudara kenapa skr payudara kdg sering nyeri? thx dok mohon info nya

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter Klikdokter.com

Kelainan payudara yang umum pada wanita muda adalah fibroadenoma mamae. FAM  (Fibroadenoma mammae) merupakan kasus terbanyak pada tumor payudara. Kejadiannya dapat berbentuk tunggal atau banyak pada satu payudara atau kedua payudara. Karakter FAM antara lain teraba, padat, kenyal, dapat digerakkan dari jaringan sekitarnya (mobile), bentuk bulat, lonjong, berbatas tegas, tidak nyeri, kuit payudara diatasnya tidak berubah, pertumbuhan lambat dan tidak menyebar seperti kanker payudara.

Tumor jinak payudara (FAM) adalah benjolan pada payudara yang biasanya merupakan gumpalan lemak yang terbungkus dalam suatu wadah yang menyerupai kantong yang sifatnya jinak dan tidak menyebar ke bagian lain pada tubuh. FAM lebih banyak di derita oleh wanita yang berumur sekitar 16 tahun – 30 tahun dan dapat berulang. Terapi utama untuk FAM adalah dengan pengangkatan tumor (operasi).

Sulit mengetahui kelainan yang Anda rasakan tanpa melakukan pemeriksaan langsung. Apakah saat ini ada benjolan baru? Penyembuhan luka biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, apalagi luka operasi. Untuk mengurangi nyeri Anda dapat mengkonsumsi obat anti nyeri yang diberikan dokter Anda, obat tersebut diminum setelah makan untuk mengurangi efek samping pada saluran cerna.

Kami lampirkan beberapa artikel terkait kesehatan payudara:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar