Sukses

Kadar HCG Tinggi

08 Jan 2016, 08:46 WIB
Pria, 25 tahun.

Assalamualaiku wr wb. Saya mau tanya dok, sekitar 3 minggu yg lalu istri saya mola/hamil anggur. Setelah cek lab kadar beta hCg nya 6000. Apakah berbahaya? Terimakasih. Wasaalam

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Hormon beta hCG adalah hormon yang wajar dijumpai dalam kehamilan. Semakin besar usia kehamilan, kadar hormon beta hCG yang dihasilkan akan semakin meningkat dan kemungkinan didapatkannya hasil positif semakin besar.

Penderita hamil anggur atau Mola Hidatidosa (MH) biasanya pun memiliki kadar beta hCG yang lebih tinggi dari normal dan penurunannya memang berangsur-angsur. Berkaitan dengan hal tersebut, biasanya setelah dilakukan kuretase terhadap mola dalam rahim, penting untuk dilakukan pemeriksaan beta-hCG serial sebagai berikut:

  • 48 jam pertama setelah dikuret
  • Dilanjutkan kemudian setiap 2 minggu, hingga kadarnya mencapai angka normal
  • Jika kadarnya mencapai angka normal, masih perlu dilakukan evaluasi setiap bulan selama satu tahun.

Pemeriksaan ini ditujukan untuk mendeteksi dini kemungkinan berkembangnya mola menjadi keganasan. Pada kebanyakan kasus, mola tidak berkembang menjadi keganasan rahim, hanya sekitar 20% kasus yang dapat berkembang menjadi ganas dan disebut sebagai koriokarsinoma. Mola dicurigai akan berkembang menjadi keganasan jika kadar beta-hCG setelah beberapa kali pemeriksaan tidak menurun, bahkan cenderung meningkat.

Kejadian Mola Hidatidosa dapat terjadi berulang pada seorang wanita dengan kemungkinan 1 dari 1000 wanita. Kemungkinan ini akan meningkat menjadi lebih tinggi, yaitu sekitar 10-15% jika kasus berikutnya terjadi dalam interval kurang dari satu tahun. Kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan untuk mendapatkan diagnosa dan tata laksana yang sesuai dengan kondisi terkini.

Kehamilan bisa terjadi jika rahim Istri Anda sudah membaik ditandai dengan siklus haid yang sudah teratur kembali.

Semoga penjelasan ini dapat dipahami.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar