Sukses

Kejang dan Leukosit Tinggi Pada Anak

08 Jan 2016, 22:13 WIB
Wanita, 2 tahun.

Selamat siang dok, saya mau berkonsultasi. Saya memiliki anak berusia 22 bulan. Kemarin sempat kejang 2x. dari hasil lab di ketahui lekositnya 19.800..yang ingin saya tanyakan apakah lekosit segitu untuk anak berusia anak saya tergolong normal?trmksh

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kisaran nilai normal leukosit adalah 5000 - 10000. Namun kisaran nilai normal ini terkadang sedikit berbeda bergantung pada masing- masing labolatorium pemeriksa. Biasanya labolatorium tersebut akan mencantumkan nilai normal sebagai panduan di samping nilai hasil pemeriksaan pasien. Jadi dalam data yang Anda sampaikan, nilai leukosit anak Anda berada pada kategori tidak normal.

Leukosit (sel darah putih) tinggi dapat disebabkan oleh berbagai sebab, diantaranya terdapat infeksi, peradangan, atau keganasan darah seperti leukemia. Hal yang perlu dilakukan untuk menurunkan leukosit adalah dengan mengatasi penyebabnya, misalnya diberikan antibiotik untuk mengatasi infeksi.

Terjadinya kejang pada saat anak mengalami panas tinggi maka disebut dengan kejang demam. Yang perlu diketahui adalah ketika anak Anda mengalami kejang, apakah kejang terjadi hanya di beberapa bagian tubuh atau kah seluruh tubuh? Berapa lama kejang berlangsung? Setelah kejang apakah anak Anda tersadar atau tidur? Apakah pernah mengalami kejang bila tidak demam? 

Bila kejang terjadi ketika demam, dan kejang tersebut berulang dalam 24 jam maka kemungkinan besar yang dialami anak Anda adalah kejang demam kompleks. Kejang demam kompleks merupakan salah satu faktor risiko terjadinya epilepsi. Bagaimana dengan riwayat keluarga Anda, adakah riwayat epilepsi dalam keluarga?

Untuk memastikan diagnosis epilepsi perlu dilakukan pemeriksaan EEG untuk menilai apakah terdapat fokus epilepsi pada anak Anda. Pemeriksaan EEG tersebut perlu dilakukan ketika anak Anda sedang tidak mengalami demam.

Untuk saat ini bila anak Anda mengalami kejang ketika demam maka Anda perlu mewaspadai kemungkinan terjadinya kejang pada anak Anda. Kami sertakan artikel mengenai Kejang Demam dan Kejang Pada Anak sebagai informasi lengkap bagi Anda.

Kami sangat menyarankan Anda membawa buah hati Anda ke dokter spesialis anak untuk dilakukan pemeriksaan langsung dan menyeluruh guna menentukan diagnosis pasti dan mendapatkan terapi yang paling sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga buah hati Anda lekas sembuh.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar