Sukses

Menambah Berat Badan Anak

08 Jan 2016, 22:23 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok saya mau tanya,saya punya anak usia 19 bulan bb 7kg,dia sangat aktif tapi saya khawatir dengan bb nya,gmana caranya supaya bb nya naik dan nfsu makanya bertambah ?

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Berat badan anak Anda apabila dimasukkan kedalam kurva WHO berat badan menurut usia, berada di bawah kurva. Pada kondisi seperti ini, kami sarankan Anda mendiskusikan penanganan terbaik dengan dokter spesialis anak di daerah Anda.

Bagaimana dengan tumbuh kembangnya? Apabila Anda ingin menambahkan vitamin untuk anak Anda, maka Anda dapat memberikan vitamin yang mengandung lysin atau curcuma yang dapat meningkatkan napsu makan anak Anda.

Masalah gizi anak memang selalu menjadi topik utama bagi orangtua. Apabila anaknya tampak kurus, kekhawatiran orangtua terjadi, akankah anak mereka dapat memiliki tumbuh kembang yang sesuai atau tidak. Apabila Anda dan pasangan termasuk kurus, ada kemungkinan anak Anda mengikuti jejak Anda. Pada beberapa anak memang terlihat kurus, karena memiliki kecenderungan genetik untuk menjadi kurus. Namun, apabila setelah diperhatikan berat badannya yang menurun drastis atau jauh di bawah kurva, hal ini harus didiskusikan lebih lanjut ke dokter. Penurunan berat badan dapat merupakan salah satu gejala dari penyakit yang mendasari.

Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk menaikkan berat badan anak Anda adalah dengan memberikan makanan tinggi kalori yang sehat. Berikut adalah daftar makanan tinggi kalori yang sehat yang dapat diberikan kepada anak Anda:

·         Susu: Susu, keju, yogurt, es krim, krim sup, puding

·         Protein: Telur, selai kacang, sup kacang, kacang-kacangan

·         Karbohidrat: Roti, makaroni dan keju, pasta, roti, pancake, kentang tumbuk, sereal 

Jika anak Anda adalah pemilih makanan dan menolak untuk menambah makanan baru dalam makannya, dapat dicoba juga dengan menggunakan suplemen makanan cair berkalori tinggi sesuai rekomendasi dokter. Namun harus dipastikan bahwa jumlah konsumsi susu, suplemen makanan cair, dan jus yang anak Anda makan jangan sampai membuatnya kenyang sehingga melupakan menu makan utamanya. Cobalah untuk membatasi jus untuk tidak lebih dari satu cangkir sehari dan susu tidak lebih dari dua cangkir sehari.

Apabila anak Anda dirasakan sudah mendapatkan cukup kalori tapi tampaknya belum mendapatkan berat badan ideal, terus bekerja sama dengan dokter untuk menemukan kondisi yang mendasari. Di sisi lain, jika anak Anda menolak untuk makan, kemungkinan ada alasan psikologis yang sebaiknya Anda diskusikan dengan ahli terapi anak. 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat. 

 Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar