Sukses

Anjuran Makan Penderita Maag

08 Jan 2016, 22:41 WIB
Wanita, 0 tahun.

Selamat siang dokter, saya ingin bertanya, waktu makan yang baik untuk penderita itu yang mana dok, makan disaat lapar ataukah makan tepat waktu? Terimakasih

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Sebelumnya, apakah yang kemungkinan menjadi dasar pencetus sakit maag Anda? apakah Anda penyuka makanan pedas, terlambat makan, ataukah karena stress? Latarbelakang penyakit maag ada beragam, salah satunya pola makan yang tidak teratur dan kebiasaan menunda makan. Bila ini yang menjadi latarbelakang keluhan maag yang Anda sampaikan, pembuatan jadwal makan yang teratur memang dapat membantu mengatasi keluhan. Dengan pola makan yang teratur, lambung akan terbiasa mengingat kapan harus mengeluarkan asam lambung saat makanan masuk. Dengan demikian, penumpukan asam lambung dapat dicegah dan keluhan maag akan berkurang.

Berikut adalah anjuran pola makan untuk penderita sakit maag :

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda) dan makanan yang terlalu manis.

  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. Hindari konsumsi soda dan alkohol. Apabila Anda merokok, harap berhenti merokok. 

  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 

  4. Jangan terlambat makan (bawa bekal bila memang sulit untuk makan saat kerja). Buat jadwal makan yang rutin agar tubuh Anda memiliki jadwal yang teratur dalam mengeluarkan asam lambung.

  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 

  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu.

  7. 1-2 jam sebelum tidur sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan besar

  8. Anda bisa melakukan olahraga dalam bentuk apapun, yang penting jaga hidrasi Anda

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar