Sukses

Susu Untuk Anak 20 Bulan

11 Jan 2016, 11:17 WIB
Wanita, 36 tahun.

Pagi dok.. Sy ibu yg memiliki anak umur 20bln..ingin menanyakan : 1.apakah boleh..susu ditaruh didalam botol susu meski belum diseduh?biasanya sy siapkan utk 6botol.hanya utk 1hr dr ptama diisi..setiap botol dicuci..maka akan diisi susu tanpa air kembali. 2.ada teman suami yg bilang..bahwa dokternya mengatakan bahwa susu tidak boleh ditaruh dibotol meski blum diseduh..dan utk menyeduh susu harus air panas dlu baru air biasa.. Klo sy biasanya air biasa dlu baru air hangat dr termos..dok.. Atas jawabannya sy ucapkan terimakasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Pemberian ASI eksklusif adalah pemberian ASI tanpa makanan dan minuman tambahan lain pada bayi berumur nol bulan sampai 6 bulan. Menurut panduan WHO terbaru diberikan selama 6 bulan pertama tanpa makanan tambahan apapun karena nutrisi yang dikandungnya sudah mencukupi untuk 6 bulan pertama kehidupan. Penelitian-penelitian terbaru menemukan berbagai manfaat ASI yang tidak terkira sehingga diperolehlah rekomendasi ASI Eksklusif 6 bulan. ASI memiliki berbagai zat gizi yang kaya akan manfaat, olehkarena itu pemberiannya direkomendasikan untuk terus dilanjutkan hingga usia 2 tahun.

ASI kaya akan sari makanan, paling higienis, dengan temperatur yang tepat dan kadar gizi yang paling dibutuhkan oleh bayi. ASI memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah :

  • meningkatkan kecerdasan bayi

  • mengurangi risiko penyakit jantung

  • mengurangi risiko obesitas

  • mengurangi risiko kanker

  • mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan dan diare

  • membuat bayi lebih tenang dan tidak mudah gelisah untuk waktu yang lama, terutama dalam kondisi yang membuat stres (jurnal Archives of Disease in Childhood) 

  • mengurangi kejadian alergi pada anak

Makanan-makanan tiruan untuk bayi berupa susu formula tidak ada yang mampu menandingi keunggulan ASI. Daftar manfaat ASI bagi bayi selalu bertambah setiap harinya. Salah satu hal yang menyebabkan ASI sangat dibutuhkan bagi perkembangan bayi yang baru lahir adalah kandungan minyak omega-3 asam linoleat alfa untuk perkembangan otak dan saraf.

Untuk bayi yang tidak memungkinkan untuk diberikan ASI karena berbagai sebab, salah satu alternatifnya memang diberikan susu pengganti ASI. Untuk penggunaan dan petunjuk pemakaiannya bervariasi pada masing- masing produk. Biasanya petunjuk ini tertera di masing- masing kemasan. Bila tidak ada keterangan yang Anda inginkan, Anda dapat menghubungi customer care produk yang bersangkutan agar informasi yang Anda inginkan dapat diberikan dengan jelas dan spesifik untuk produk yang Anda gunakan.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga dapat membantu

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar