Sukses

Purging Atau Tidak Cocok?

06 Jan 2016, 14:45 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok, apakah remaja bisa mengalami purging? dan apa sih perbedaan purging dan gak cocok?

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Remaja bisa saja mengalami acne purging jika sedang menggunakan obat-obatan yang bersifat mengelupas kulit, mempercepat regenerasi kulit, dan membuka pori. Biasanya obat-obatan yang menyebabkan hal ini antara lain adalah pengelupasan kimiawi, retinoid, AHA (alpha hydroxy acid), asam salisilat, asam glikolat, benzoil peroksida, dan sulfur.

Komedo yang masih berada di bawah permukaan kulit dan tidak terlihat menjadi seperti "muncul semua" karena proses pengelupasan ini. Namun hal ini memang terkadang tidak dapat dihindarkan ketika Anda melakukan perawatan dengan bahan-bahan tersebut di atas. Umumnya dokter akan memberikan obat untuk meredakan proses tersebut. Purging umumnya hanya akan terjadi selama beberapa minggu (umumnya 4 minggu).

Purging tidak sama dengan tidak cocok terhadap produk perawatan atau obat tertentu. Jika tidak cocok, kulit umumnya akan mengalami iritasi (kemerahan, kering, pedih, mengelupas, dll) atau jerawat-jerawat kecil (acneiformic eruptions). Umumnya hal ini akan berlangsung lebih lama dari purging - dan akan terus terjadi selama Anda menggunakan produk tersebut, dan akan membaik setelah Anda menyetop penggunaan produk tersebut.

Kami sarankan agar Anda mengunjungi dokter untuk berkonsultasi agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung dan diketahui dengan pasti masalah yang sebenarnya Anda alami.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar