Sukses

Alergi Jenis Krim Kulit

08 Jan 2016, 10:37 WIB
Wanita, 17 tahun.

Assalamualaikum Dokter saya mau tanya nih adik perempuan saya umur nya 17 tahun dia memakai cream pemutih wajah yg tidak terdaftar BPOM nya karena mengikuti kakak nya yg wajah nya lebih putih pakai cream ber merk SP ginseng. nah saat dia memakai nya malam hari pagi hari mukanya langsung gatal dan merah aneh nya lagi merah itu hanya berada di bagian wajah sebelah kiri nya kanan tidak terlalu parah , sebelum nya dia memakai cream pemutih merk citra , dan keluhan yang dia rasakan Gatal di wajah kiri, muncul bintik2 yg bisa berair di wajah kiri, merah di wajah kiri, dan bengkak di wajah kiri. Dia saya belikan obat bermerk Aledrex & Vitamin ikan & saya tambahkan Vitacimin C , yang saya tanyakan apkah ada tambahan dokter seputar obat nya atau pantangan untuk dia , karena sudah 1 hari saya beri obat dia tidak kunjung mereda gatal nya dan katanya malah menyebar. Terima kasih dokter.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Bila setelah pemakaian suatu bentuk produk perawatan wajah timbul kemerahan, gatal, panas, perih, atau kulit cenderung berbintil-bintil bahkan berjerawat, hal tersebut menandakan bahwa terdapat ketidakcocokan terhadap bahan yang digunakan dalam produk kecantikan tersebut. Hentikanlah pemakaian produk yang menyebabkan wajah  adik Anda memberikan gejala tersebut. Gantilah produk lain yang berbahan lembut, cocok dengan kulit adik anda, berlabel 'non-komedogenik' dan 'non perfumed', kaya akan pelembab, memiliki spf minimal 30.

 

Salah satu obat yang Anda berikan merupakan obat yang berisikan kortikosteroid, yang diberikan pada kondisi alergi  berat yang membutuhkan steroid. Obat ini tidak disarankan sebagai terapi rutin atau jangka panjang, karena kortikosteroid memiliki efek samping.

Dari data singkat tersebut kemungkinan besar terdapat alergi pada krim yang digunakan. Setelah menghentikan krim tersebut, adik Anda membutuhkan pengobatan anti alergi, yang akan disesuaikan dengan keparahan gejala. Namun kami mohon maaf tidak dapat memberikan obat pada forum ini. Apakah Anda sudah memeriksakan diri kepada dokter? sebaiknya Anda lebih dulu memeriksakan diri kepada dokter untuk mengetahui kondisi terkini dan bagaimana solusi yang tepat.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar