Sukses

Selaput Dara

08 Jan 2016, 11:13 WIB
Pria, 46 tahun.

Pada saat berhubungan, yang saya rasakan dari vagina istri saya itu tidak "rapet", tapi mengeluarkan darah, dan keputihan. Apakah istri saya sebelumnya masih perawan?

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pertama izinkan saya menjelaskan tentang selaput dara secara umum. Selaput dara atau di dalam dunia medis dikenal dengan nama hymen adalah selaput membran mukosa yang berada di depan liang vagina. Pada wanita muda, hymen cenderung tipis sehingga mudah robek. Robekan dapat disebabkan karena hubungan seksual atau non-seksual (berolahraga, berkuda, bersepeda, senam).

Hymen berdasarkan kultural setempat merupakan tanda keperawanan, padahal pengertian 'tidak perawan' adalah pernah melakukan hubungan seksual dengan lawan jenis, tidak peduli apakah selaput daranya sobek atau tidak. Selaput dara yang robek umumnya memberikan tanda keluarnya darah. Untuk itu, memastikan apakah sebelumnya istri Anda masih perawan atau tidak, satu-satunya jalan adalah dengan komunikasi langsung antara Anda dan istri.

Adapun apakah tanda perawan atau tidak, tidak bisa ditentukan dari cara Anda merasakan apakah vagina istri Anda terasa 'rapat' atau tidak, karena hal tersebut subjektif. Bisa saja selaput dara istri Anda lebih elastis (tiap orang berbeda-beda) hingga tidak terasa rapat.

 

Berikut kami sertakan pula artikel untuk menambah pengetahuan Anda:

9 Tips Menjaga Kesehatan Vagina

Kembali Perawan Dengan Operasi Hymenoplasty

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar