Sukses

Vitiligo

05 Jan 2016, 09:59 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok,saya terkena vitiligo sekitar akhir 2012 berupa 2 bercak putih di leher sebelah kiri. Saya pun berobat dan dokter memberikan krim. Lalu pada tahun 2013 saya terkena vitiligo berupa bercak putih di leher sebelah kanan.Saya pun berobat dan untungnya ketiga bercak tidak membesar.Selama pengobatan bercak disebelah leher kanan pun mulai mengecil sedangkan 2 bercak di leher sebelah kiri belum menunjukan perubahan yang signifikan.Kira2 itu karena apa ya dok? Apa saya bisa menggunakan pengobatan laser? Kira2 berapa rata2 biayanya dok? Lalu bagaiman pencegahan agar tidak terkena vitiligo serta hal apa2 saja yang harus dihindari oleh penderita vitiligo? Terima kasih dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Vitiligo, suatu kondisi terganggunya pigmentasi kulit karena melanosit (sel pembentuk pigmen) di area tersebut hancur atau rusak. Bentuk klinis dari kondisi ini adalah bercak putih pada area yang terkena.

Hingga kini, faktor penyebab vitiligo masih belum diketahui dengan pasti. Genetik dan penyakit autoimun atau gangguan kekebalan tubuh ditengarai berperan. Faktor pemicu timbulnya bercak putih ini adalah paparan sinar matahari dan atau stres.

Tata laksana vitiligo ditujukan pada fungsi kosmetik. Terapi harus dilakukan secara rutin dan dalam jangka waktu yang cukup lama. Pilihan terapi diberikan sesuai dengan jumlah, lokasi ukuran dan penyebaran bercak putih pada tubuh.

Adapun golongan jenis terapi yang saat ini direkomendasikan para ahli adalah :

  • Terapi topikal (oles)
    • Steroid topikal
    • Psoralen (fotokemoterapi)
    • Tabir surya
  • Operasi
  • Terapi tambahan lainnya misalnya laser pada vitiligo di daerah tertentu

Kami sarankan Anda untuk konsultasi dengan Dokter Kulit dan Kelamin untuk mendapatkan terapi terbaik dari kondisi yang ada.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar