Sukses

Mencegah Kanker Payudara

05 Jan 2016, 17:04 WIB
Wanita, 27 tahun.

Selamat sore dok, dok baru baru ini teman saya divonis kanker payudara. Yang ingin saya tanyakan bagaimana sih dok cara mencegah kanker payudara? Agar saya dapat terhindar dari kanker payudara. Terima kasih

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Kanker payudara dapat disebabkan oleh genetik maupun non genetik. Untuk penyebab genetik di mana terdapat gen penyebab kanker payudara, salah satu cara untuk mencegah kanker payudara adalah dengan melakukan operasi pengangkatan payudara seperti yang dilakukan oleh Angelina Jolie.

Namun jika tidak terdapat gen tersebut, Anda cukup melakukan pola hidup sehat, seperti tidur cukup, makan bergizi, kurangi makanan berlemak dan gorengan, olahraga teratur, serta berpikir positif. Anda dapat melakukan deteksi dini kanker payudara dengan melakukan SADARI (periksa payudara sendiri).

Sadari dapat dilakukan mulai usia berapapun tapi sangat dianjurkan bila usia anda sudah lebih dari 20 tahun, minimal satu kali dalam sebulan, dilakukan pada hari ke 7 sampai ke 10 dari awal mula haid, atau 3 hari setelah haid berhenti. Selanjutnya, dapat dilakukan pemeriksaan oleh tenaga kesehatan dan yang terakhir adalah pemeriksaan dengan mamografi, yaitu pemeriksaan penunjang dengan X-ray pada payudara atau USG.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar