Sukses

Katarak Kongenital pada Anak

31 Mar 2016, 13:57 WIB
Pria, 36 tahun.

anak saya matanya katarak umur 3th tlh diangkat kataraknya,dan umur 4th operasi tanam lensa,pertanyaan saya: apakah lensa tersebut utk seumur hidup,apakah kataraknya dpt kembali lagi,apakah bisa menyebabkan buta atas jawabanya terimakasih

Bapak yang terhormat,

 

Terima kasih atas pertanyaan dan kesabarannya menunggu. Salam kami untuk buah hati Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pada kasus katarak kongenital, alat bantu permanen, yang biasanya seumur hidup memang diperlukan untuk memastikan agar anak tetap dapat memiliki penglihatan yang baik hingga dewasa. Alat bantu penglihatan ini ditujukan untuk membantu agar mata anak tidak menjadi malas dan tidak dapat mencapai ketajaman penglihatan yang seharusnya.

Kasus kambuh kembali katarak memang jarang terjadi. Namun dapat saja terjadi bagian lensa mata yang masih ada mengalami kekeruhan susulan, sehingga sering disebut dengan katarak sekunder dan perlu segera ditangani oleh Dokter Spesialis Mata.

Setelah operasi, ketajaman penglihatan anak masih terus perlu dievaluasi secara berkala agar dapat diketahui perkembangannya. Kebutaan dapat segera dihindari jika katarak kongenital diketahui dengan segera. 

Semoga penjelasan kami dapat membantu ya.

 

Salam mata sehat,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar