Sukses

Bronkitis Berulang

11 Jan 2016, 10:27 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dear Klikdokter.com Saya mau tanya dok, Suami saya dulu pernah kena bronkhitis, tapi sekarang udah sembuh Udah beberapa bulan ini dia sering ngeluh dada nya sakit. Pertanyaanya kalo ternyata sekarang kena bronkhitis lagi resikonya apa ya dok ? Terimakasih dok salam Desya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Bronkitis adalah suatu kondisi dimana terjadi peradangan atau infeksi pada bagian dinding dalam dari saluran pernapasan utama /bronkus. Saluran pernapasan adalah saluran yang terdapat di dalam paru-paru yang merupakan tempat aliran udara. Jika saluran pernapasan tersebut mengalami iritasi, maka akan terbentuk lendir yang tebal di dalamnya. Lendir tersebut dapat menyumbat sehingga menghalangi udara untuk mencapai paru-paru. Maka dari itu, gejala yang dapat terjadi berupa batuk berdahak yang banyak mengandung lendir, kesulitan bernapas dan dada terasa sesak. Bronkitis duplex artinya terjadi pada kedua paru.

Bronkitis dapat berulang lagi, oleh karena itu hindari faktor pencetus yang dapat mengiritasi jalan napas seperti merokok, udara yang berdebu, uap bahan kimiawi, debu, hairspray, deodoran semprot, dan cat semprot. Selain itu lakukan olah raga secara teratur 3x/minggu untuk menguatkan otot-otot pernapasan. Bronkitis berulang selain klinis biasanya akan lebih berat, juga dapat merusak saluran napas lebih jauh. Olehkarena itu usahakan merubah gaya hidup Anda menjadi lebih sehat agar bronkitis tidak berulang. Anda juga dapat berdiskuso dengan dokter  mengenai olah raga yang sesuai dengan kondisi kesehatan. 

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar