Sukses

Menarik Diri

04 Jan 2016, 13:47 WIB
Wanita, 20 tahun.

saya memiliki kecenderungan untuk menghindari kontak sosial. awalnya saya berpikir mungkin karena saya seorang introvert. tapi kecemasan saya saat berinteraksi sosial sedikit berlebihan. saya selalu merasa orang lain tidak menyukai dan mencela saya, dan selalu berpikir bahwa saya telah melakukan kesalahan. hingga akhirnya membuat saya menjauh dari orang lain. saya selalu cemas dan tegang ditempat yang mengharuskan saya untuk berbicara didepan umum, berdebat, ataupun menerima kritikan. saya tidak suka bergabung dalam berbagai acara yang dipenuhi dengan banyak orang, karena saya merasa tidak akan diterima. apakah perilaku saya masih normal sebagai seorang introvert? ataukah saya termasuk pengidap Avoidant Personal Disorder atau Social Anxiety Disorder? dan bagaimana mengobatinya?

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Jika kepribadian Anda tersebut telah mengganggu kehidupan dan fungsi sosial Anda sehari-hari, maka kemungkinan memang terdapat gangguan kepribadian. Kemungkinan memang adalah gangguan kepribadian menghindar atau avoidant personal disorder seperti yang Anda sebutkan.

Namun untuk menegakkan diagnosis pasti dan mendapatkan penanganan yang tepat, Anda kami anjurkan untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis psikiatri. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui diagnosis dan mendapatkan terapi secepatnya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar