Sukses

Jarak Kehamilan Setelah Caesar

04 Jan 2016, 13:32 WIB
Wanita, 26 tahun.

3 bulan yg lalu baby saya meninggal krn atresia ani dan tumor di ginjal nya.Saya dan suami tidak punya riwayat seperti itu dok,yang ingin saya tanyakan apa penyebab nya dok ? Dan kalau saya ingin mempunyai keturunan kmbali jarak brapa lama dok pasca seccar? Dan apakah di kehamilan saya berikut nya akan terulang kembali dok? Trima kasih

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Menurut penelitian memang diperlukan jarak aman dengan kurun waktu 18 - 25 bulan untuk dapat hamil lagi setelah operasi caesar. Karena jika terjadi kurang dari waktu itu diperkirakan akan terjadi resiko robekan rahim. Akan tetapi kehamilan pada bekas operasi caesar tergolong aman jika memerhatikan pemantauan saat persalinan (Ante Natal Care). Sebelum terjadi persalinan, dokter harus memeriksa dengan cermat kondisi ibu dan janin.

Atresia ani dan tumor ginjal tersebut belum diketahui dengan pasti penyebabnya. Bisa merupakan kelainan kongenital / genetik, ataupun kelainan pembentukan organ yang disebabkan oleh pengaruh obat-obatan, makanan, minuman, rokok, dll yang terpapar kepada ibu selama kehamilan. Kemungkinan terulang kembali tetap ada, meskipun tidak diketahui persentasenya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar