Sukses

Muntah vs Kanker KGB

04 Jan 2016, 09:44 WIB
Wanita, 18 tahun.

assalamualaikum dokter maaf dok saya mau tanya saya sudah ada nafsu makan tapi kenapa setelah saya selesai makan saya terasa ingin muntah dan terasa lemas dok . apa ini karena kanker kelenjar getah bening yang saya derita dok . sebelum saya ke dokter pribadi saya saya ingin konsultasi sama klik dokter dulu . terima kasih dokter .

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah menggunakan layanan E-Konsultasi Tanya Dokter di Klikdokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Kami turut bersimpati atas kondisi Anda. Kami ingin menanyakan beberapa hal seperti: sudah berapa lamakah Anda didiagnosis kanker kelenjar getah bening? Apakah terdapat metastasis atau penyebaran ke tempat lain? Terapi apakah yang sudah Anda jalani? Apakah Anda baru saja menjalani kemoterapi?

Karena jika ya, bisa jadi itu merupakan efek samping dari kemoterapi yang Anda jalani. Efek samping yang kerap terjadi akibat kemoterapi adalah rasa mual yang menyebabkan hilangnya nafsu makan, dehidrasi dan konstipasi. Jika mual semakin parah, akan berlanjut dengan muntah-muntah. Hal ini disebabkan karena beberapa jenis dari obat untuk kemoterapi memang menimbulkan rasa mual, disamping karena sebagian orang memang sangat rentan terhadap rasa mual. Untuk mengatasi rasa mual dan muntah, pasien yang menjalani kemoterapi sebaiknya makan dan minum dalam jumlah sedikit namun dilakukan dengan sering. Menghindari makanan yang aromanya menyengat, berminyak, berlemak, terlalu manis, panas, dan pedas.

Namun untuk memastikan penyebab dari muntah dan badan lemas Anda, kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk mengetahui diagnosis dan penanganan yang tepat. Mengingat adanya riwayat kanker kelenjar getah bening yang Anda alami. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar