Sukses

Ingin Menunda Momongan

01 Mar 2016, 22:26 WIB
Pria, 25 tahun.

Selamat malam dok, saya mau tanya. Istri saya mens pd tgl 12 Desember 2015 s/d 17 Desember 2015 Kami berhubungan tgl 18 Desember 2015 (tanpa menggunakan kondom dan tanpa ejakulasi), tgl 21 Desember 2015 (menggunakan kondom) dan tgl 1 Januari 2015 (tanpa menggunakan kondom + tanpa ejakulasi) apakah istri saya dapat hamil? Sebab kami ingin menunda momongan hingga 3 thn kedepan. Mohon penjelasan lengkapnya. Terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kehamilan dapat terjadi jika Anda dan pasangan berhubungan seksual dengan melakukan penetrasi penis ke dalam vagina yang disertai dengan ejakulasi di dalam vagina pada saat masa ovulasi. Ovulasi adalah waktu keluarnya telur dari indung telur dan siap dibuahi oleh sel sperma dari laki - laki. Waktu terjadinya ovulasi diperkirakan 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya pada wanita dengan siklus haid normal (28 hari).

Untuk mengetahui masa subur, perlu diketahui siklus menstruasi selama 3-6 bulan terakhir. Siklus menstruasi diketahui dengan cara menghitung jarak hari dari hari pertama menstruasi hingga hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Untuk menghitung masa subur, dibutuhkan minimal pola menstruasi 3 bulan terakhir,misalkan pola menstruasi seseorang dari Januari hingga April adalah 31 hari, 28 hari, 33 hari. Kemudian dibuat rata-ratanya. Karena rata-ratanya menghasilkan 31 hari, maka masa suburnya (ovulasi) akan terjadi pada 15-16 hari sebelum hari pertama menstruasi yang akan datang bulan berikutnya.

Jika Anda dan istri memang sedang menunda punya anak, maka sebaiknya Anda atau istri dapat menggunakan kontrasepsi seperti kondom atau KB. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar