Sukses

Oral Sex Beresiko Terinfeksi HIV?

01 Mar 2016, 22:20 WIB
Pria, 20 tahun.

Saya ingin bertanya jika oral sex dilakukan tanpa pelingung tetapi dengan orang yang sama sejak pertama kali melakukan hub sex apakah itu dapat menyebabkan AIDS atau HIV?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. HIV umumnya ditularkan melalui kontak langsung antara membran mukosa atau aliran darah, dengan cairan tubuh yang mengandung HIV, seperti darah, air mani, cairan vagina, dan ASI. Penularan dapat terjadi melalui hubungan intim, transfusi darah, jarum suntik yang terkontaminasi, antara ibu dan bayi selama kehamilan, bersalin, atau menyusui, serta bentuk kontak lainnya dengan cairan-cairan tubuh tersebut.

Jadi jika tidak ada kontak langsung antara membran mukosa antara penderita dengan bukan penderita maka tidak dapat terjadi penularan. Apabila memang saat oral sex terdapat luka pada daerah genitalia Anda maka bisa saja terjadi peningkatan resiko penularan. Namun jika tidak ada luka, kecil kemungkinannya.

Menghindari penularan terjadi dengan penderita HIV adalah dengan menghindari kontak langsung dengan cairan tubuh (darah, air mani, cairan vagina, ASI). Apabila Anda khawatir, Anda dapat melakukan pemeriksaan darah dalam waktu 3 bulan Anda dapat melakukan pemeriksaan HIV untuk memastikan apakah ada virus tersebut atau tidak. 

Berikut Kami sertakan Artikel terkait HIV/AIDS;

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam

    0 Komentar

    Belum ada komentar