Sukses

Hamil Harus Mual Muntah?
01 Mar 2016, 22:04 WIB
Wanita, 25 tahun.

Sore dok Sya mau tny skrg sya sdg hamil muda usia 1bln Trs sya gda ngerasain mual/muntah,trs sya cba mnm prenagen emesis apakh tu mslh ato tdk, dok? Soalnya bru 2hri sya mnm kok perut sya mulas &mencret; dok,apa tu pengaruh dr susu ato yg lain y donk Trs sya jg ngerasa perut sya kembung dok Mhn dibntu utk infony dok Trims

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Mual dan muntah yang terjadi pada kehamilan diakibatkan karena perubahan hormonal yang umumnya terjadi di awal kehamilan (minggu ke 6-8, puncak pda minggu ke 12-14, dan membaik pada minggu ke-22) sampai badan wanita tersebut beradaptasi dengan peningkatan produksi hormon. Mual dan muntah dapat terjadi sepanjang hari namun memburuk di pagi hari karena perut yang kosong atau jika ibu hamil tidak makan dalam porsi yang cukup. Mual dan muntah ini biasanya terjadi pada 80 – 85% kehamilan selama triwulan pertama, dengan gejala muntah yang mengganggu sebesar 52%. Artinya gejala ini memang umum dirasakan ibuh amil, namun tidak semua ibu hamil harus merasakannya. Untuk itu anda tidak perlu khawatir.

Sedangkan keluhan diare dapat disebabkan oleh banyak hal, misalnya infeksi saluran cerna, alergi, intoleransi atau intoksikasi. Jika diare anda berlanjut sebaiknya segera anda periksakan kepada dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mencari penyebab diare anda.

Demikian juga dengan keluhan perut kembung, dapat disebabkan oleh banyak penyebab, bisa karena penyakit dari lambung, gangguan pencernaan atau lainnya. Keluhan perut kembung terkait lambung biasanya menyebabkan penderita mengeluh nyeri ulu hati yang bertambah berat dengan makanan, mual, sendawa, perut begah.

Coba hindari stres dan usahakan hindari cemas. Anda dapat menempatkan handuk atau botol hangat pada perut untuk mengurangi rasa tidak nyaman pada lambung Anda. Penggunaan minyak kayu putih juga dapat membantu karena minyak ini dapat menciptakan efek hangat pada perut, dan tentunya tidak memberikan efek samping apapun ke janin.

Berikut beberapa artikel yang berkaitan dengan keluhan Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan,semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar