Sukses

Mengatasi Biang Keringat Pada Bayi

24 Feb 2016, 14:04 WIB
Pria, 31 tahun.

Selamat sore dok, dok anak saya sering sekali mengalami biang keringat belakangan ini. Apakah ada obat biang keringat pada bayi? Apakah oat biang keringat untuk bayi cukup menggunakan bedak saja?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com

Gangguan kesehatan kulit yang sering dialami oleh anak adalah biang keringat atau biasa disebut dalam istilah medis dengan miliaria. Tersumbatnya kelenjar keringat pada permukaan kulit menjadi penyebab utamanya. Berbeda dengan orang dewasa, fungsi kelenjar keringat pada bayi memang belum sempurna.

Gejala biang keringat meliputi munculnya bintil-bintil kecil berwarna merah yang kadang-kadang berisi air, dengan atau tidak disertai kulit yang tampak kemerahan. Biang keringat rasanya gatal dan menimbulkan rasa tidak nyaman serta terkadang kulit terasa panas.

Biasanya, biang keringat muncul pada bagian tubuh yang terlipat dan banyak berkeringat seperti ketiak, lipatan siku dan leher, paha dan lain-lain.

Cara mengatasi biang keringat adalah:

  • Jagalah kulit anak agar selalu kering

  • Pakai topi dan payung jika akan bepergian keluar

  • Jangan biarkan anak menggaruk biang keringat karena hal tersebut akan membuat kulit iritasi dan infeksi

  • Gunakan sabun antiseptik bila kulit mengalami infeksi

  • Pilih bahan pakaian yang mudah menyerap, seperti katun

Pada bayi, penggunaan obat memang masih sangat terbatas mengingat kulit bayi masih rentan dan sensitif. Saran kami, coba lakukan beberapa tips di atas terlebih dahulu. Biasanya dengan tips tersebut biang keringat akan perlahan berkurang. Bila keluhan biang keringat pada bayi And tetap berlangsung, mungkin saja bintik- bintik tersebut bukan merupakan biang keringat, namun bisa jadi ini merupakan suatu bentuk alergi. Bila keluhan tetap berlangsung, kami sarankan Anda membawa bayi Anda ke dokter spesialis kulit agar dapat dilakukan pemeriksaan langsung dan diberikan terapi yang sesuai dengan kondisi bayi Anda.

Untuk membedakan biang keringat dengan alergi, berikut artikel kami yang dapat membantu Anda :

Cara Membedakan Biang Keringat dan Alergi pada Si Kecil

Semoga informasi ini membantu.

Salam

    0 Komentar

    Belum ada komentar