Sukses

Gejala Awal Kanker Payudara

24 Feb 2016, 15:53 WIB
Wanita, 27 tahun.

Sore Dok, Saya umurnya 20 Tahun, kondisi payudara saya sekarang ini sering gatal gatal dan sering keluar air yang baunya lumayan tidak enak dok. Apakah kedua hal tersebut merupakan gejala awal kanker payudara dok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun, keluhan yang anda rasakan bukan merupakan gejala yang khas untuk kanker payudara. Untuk itu, kami akan menjelaskan apa yang menjadi gejala dari kanker payudara.

Menurut US Breast Cancer Statisctic, semakin tua usia seorang wanita, resiko memiliki kanker payudara lebih besar, namun mutasi gen pada wanita yang dapat menyebabkan kanker payudara lebih banyak terjadi dibawah usia 70 tahun.

Setiap wanita perlu mengetahui kondisi payudaranya dengan baik,dan melakukan pemeriksaan payudara sendiri dengan rutin setiap 1 bulan sekali.

Tidak semua perubahan pada payudara merupakan tanda kanker payudara. Ada juga perubahan yang merupakan pertanda normal.

Setiap 1-2 minggu sebelum menstruasi, keadaan payudara memang dapat berubah menjadi agak membengkak, dapat terasa nyeri dan biasanya dirasakan di seluruh bagian payudara.

Perubahan ini akan menghilang dalam waktu 1 minggu setelah menstruasi berakhir.

Beberapa gejala kanker payudara yang harus diperhatikan dan diwaspadai oleh para wanita adalah sebagai berikut:

  1. Perubahan warna kulit. Adanya kemerahan pada kulit atau bintik-bintik kemerahan seperti peradangan.

  2. Perubahan kulit. Adanya kerutan atau “lesung pipit” pada daerah sekitar payudara.

  3. Perubahan pada puting  susu yang dapat berupa puting susu yang masuk ke dalam, menjadi datar tidak seperti biasanya, atau bengkak dan tidak terlihat seperti biasanya. Keluarnya cairan atau darah dari puting susu juga perlu diwaspadai.

  4. Nyeri pada payudara.

Memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikan diagnosis penyakit  Anda. Jadi kami sarankan agar berkonsultasi ke dokter untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar