Sukses

Sakit Saat Berkemih

04 Jan 2016, 12:04 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dok sy mau tanya, sy baru menikah dua bulan, tiga minggu sesudah nikah sy mengalami sakit saat kencing tetes terakhir dan perut terasa keram, trus sy ke puskesmas dikasi obat, bulan selanjutnya sekitar dua minggu sudah haid keram di perut terulang lgi, mual2, trus sy ke puskesmas lgi, dikasih obat yg sama, kira2 sy sakit ap ya dok, mohong infonya dok, thnk you

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.           

Rasa sakit yang dirasakan sewaktu BAK dapat disebabkan karena adanya infeksi pada saluran kemih.Sejak kapan keluhan ini anda rasakan?Selain keluhan rasa sakit yang timbul saat anda BAK,apakah ada keluhan lain seperti sering BAK? perasaan tidak lampias setelah BAK (anyang-anyangan)? sulit menahan kencing?disertai dengan demam?

Kami sarankan anda untuk mengunjungi dokter untuk mengetahui apakah anda benar mengalami Infeksi saluran kemih.Jika memang mengalami infeksi saluran kemih maka diperlukan pengobatan.

Gejala dari ISK sama seperti yang Anda alami, yaitu nyeri berkemih dan sering buang air kecil. Selain itu, gejala lainnya adalah anyang-anyangan atau tidak lampias, rasa panas ketika berkemih, air seni keruh, dan  nyeri perut bawah. Demam hanya terjadi bila infeksi mencapai saluran kemih bagian atas. Terapi pertama kali untuk ISK adalah banyak minum air putih (2-3 L/hari) guna membilas bakteri yang terdapat di saluran kemih. Apabila dengan minum banyak masih juga mengalami gejala, maka berkonsultasilah ke dokter spesialis penyakit dalam karena kemungkinan Anda membutuhkan antibiotik.

Untuk mencegah berulangnya kembali ISK di kemudian hari, sebaiknya Anda selalu minum banyak setiap harinya, jangan menahan berkemih, membasuh dari depan ke belakang alat kemaluan ketika selesai berkemih, bersihkan alat kemaluan sebelum berhubungan seksual, dan hindari pemakaian pembersih vagina seperti douche karena dapat mengiritasi saluran kemih. 

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar