Sukses

Pasang Mahkota Setelah Perawatan Saluran Akar Gigi

02 Jan 2016, 10:41 WIB
Pria, 40 tahun.

Dokter, apakah berbahaya jika gigi yg sdh pernah diangkat syaraftnya dan tdk dipasang gigi mahkota / gigi palsu pelindung ?

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebelum membahas lebih lanjut ada poin penting yang perlu Kami tanyakan yaitu gigi apakah yang telah mengalami perawatan saluran akar tersebut ? Apakah gigi depan (anterior) atau gigi belakang (posterior) ? Karena restorasi yang akan diberikan pada kedua macam gigi ini pasca perawata saluran akar yang mengangkat saraf gigi dapat berbeda. 

Pada gigi dengan lubang pasca perawatan saluran akar dapat dilakukan restorasi direct yang berupa tambalan komposit atau glassionomer dan restorasi indirect berupa onlay, inlay atau crown. Pemilihan jenis restorasi ini dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti besarnya lubang/kavitas pada gigi dan biaya. Penggunaan mahkota selubung atau crown diindikasikan pada kasus dengan kehilangan jaringan gigi yang cukup luas. Jika pada gigi yang telah dilakukan perawatan saluran akar dan memerlukan restorasi crown namun tidak dilakukan pemasangan crown maka dapat menyebabkan gagalnya perawatan saluran akar dan juga patahnya jaringan gigi yang tersisa.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar