Sukses

Batuk Berdahak Belum Sembuh

31 Dec 2015, 15:11 WIB
Wanita, 17 tahun.

Saya sudah batuk-batuk berdahak selama kurang lebih 2 minggu dan belum sembuh juga. Padahal sudah minum obat batuk. Biasanya tenggorokan terasa gatal dulu,baru batuk-batuk. Terus nafas juga sesak kalau lendir mau keluar. Susah untuk tarik nafas dalam,karena biasanya berujung tenggorokan gatal dan batuk-batuk, Apa itu gejala dr penyakit yang serius apa sekedar batuk biasa? Pencegahan apa yang harus saya lakukan agar tidak semakin parah? Terimakasih.

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Batuk berdahak yang sudah lebih dari 2 minggu dapat disebabkan oleh berbagai penyebab, seperti alergi, infeksi bakteri, dan tuberkulosis.

Jika disebabkan oleh alergi, umumnya timbul pada pagi/malam hari, didahului oleh pencetus tertentu, dan dahak bening atau putih. Disebabkan oleh bakteri jika dahak kuning hijau, nyeri tenggorokan, atau demam.

Jika batuk Anda sudah satu bulan tidak sembuh walaupun sudah diberikan terapi antibiotik yang adekuat, bisa jadi batuk tersebut disebabkan oleh tuberkulosis / TBC, alergi, atau penyakit paru obstruktif kronik. Namun sebelumnya, harus dipastikan dulu diagnosis tersebut melalui pemeriksaan fisik, rontgen, dan dahak.

Tuberkulosis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman Mycobacterium tuberculosis yang bersifat sistemik, yang dapat bermanifestasi pada hampir semua organ tubuh dengan lokasi terbanyak di paru yang biasanya merupakan lokasi infeksi primer.

Terdapat beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan seseorang menderita Tuberkulosis, antara lain:

  • Penurunan daya tahan tubuh: Hal in dapat disebabkan oleh penyakit yang menurunkan daya tahan tubuh seperti HIV/AIDS, diabetes, atau pengobatan jangka lama dengan imunosupresan seperi kortikosteroid, pengobatan arthritis atau obat-obatan kemoterapi.
  • Kontak dengan orang lain yang terinfeksi Tuberkulosis (yang tidak diterapi), umumnya orang yang sehari-hari berada di sekitar Bapak seperti anggota keluarga, teman, tetangga, atau rekan kerja.
  • Konsumsi obat-obatan terlarang atau alkohol untuk jangka waktu yang lama (menurunkan daya tahan tubuh)
  • Kurang gizi (malnutrisi)
  • Merokok (mempengaruhi daya tahan paru)

Tuberkulosis dapat disembuhkan secara tuntas, dengan ketentuan faktor-faktor risiko yang disebutkan di atas dapat dihilangkan: penyakit yang menurunkan daya tahan tubuh ditatalaksana, berhenti merokok, konsumsi obat-obatan terlarang dan alkohol, termasuk menjaga daya tahan tubuh dengan makan makanan gizi seimbang dengan jumlah yang cukup, dan minum obat secara teratur sampai tuntas.

Untuk memastikan diagnosis dan mendapatkan pengobatan yang tepat, kami sarankan agar Anda berkonsultasi kepada dokter.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar