Sukses

Perlukah Bayi Diimunisasi?

31 Dec 2015, 22:22 WIB
Wanita, 28 tahun.

Ass. dok anak saya berumur 3 bln dan blm pernah di imunisasi. apakah wajib bagi bayi untuk di imunisasi? kalau tidak d imunisasi apakah akan berbahaya untuk anak saya?

dr. Karin Wiradarma

Dijawab Oleh:

dr. Karin Wiradarma

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter KlikDokter.com.

Bayi dianjurkan untuk diimunisasi oleh berbagai pakar kedokteran anak. Di Indonesia jadwal imunisasi (imunisasi dasar wajib maupun tambahan) diatur oleh IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia).

Imunisasi sangat penting untuk dapat mencegah agar anak tidak tertular penyakit. Atau jikalau tertular pun akan meringankan gejala dan terhindar dari komplikasi yang berbahaya. Karena imunisasi ini sangat penting, pemerintah pun telah memasukkannya ke dalam program pemerintah dan memberikan subsidi bagi imunisasi dasar yang wajib.

Selain itu, jika semua anak telah diimunisasi akan membantu untuk mengeradikasi (memusnahkan) penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, yaitu dengan memutus rantai penularan.

Jika anak Anda belum diimunisasi, segeralah bawa ke puskesmas atau dokter terdekat untuk memeriksakan anak Anda dan mendapatkan imunisasi.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar